recorder dimainkan dengan cara

Recorder Dimainkan Dengan Cara Apa ? Berikut Penjelasan Lengkapnya!

Posted on

Alat musik recorder yang masih belum banyak digunakan umumnya membuat sebagian orang bertanya-tanya tentang alat ini. Bahkan, beberapa orang yang sempat mendengar dan penasaran dengan alat ini memunculkan pertanyaan recorder dimainkan dengan cara apa. Untuk itu, intip informasi lengkap tentang alat musik recorder sebagai berikut.

Mengenal Alat Musik Recorder

1. Sekilas Tentang Alat Musik Recorder

Alat musik recorder sering dikenal dengan istilah aerophone. Pasalnya, recorder adalah sejenis alat musik melodis dengan sumber bunyi yang berasal dari hembusan udara pemain. Beberapa orang bahkan banyak yang mengenal alat ini dengan sebutan suling. Menariknya, alat ini banyak digunakan untuk mengiringi berbagai jenis lagu daerah hingga lagu nasional.

Umumnya, hampir setiap orang pernah mencoba memainkan alat musik recorder. Namun, penggunaan nama yang jarang dikenali ini dapat membuat sebagian orang terheran ketika mendengarnya. Terlebih lagi alat musik recorder sering digunakan dalam dunia pendidikan, khususnya pada mata pelajaran kesenian.

2. Jenis Alat Musik Recorder

Sebagaimana jenis alat musik lainnya, recorder ternyata memiliki berbagai jenis. Hal ini dapat anda lihat dari berbagai bentuk dan ukuran yang disajikan hingga nada dasar yang disajikan. Lebih dari itu, jenis alat yang satu ini juga terdiri dari berbagai jenis bahan untuk menghasilkan nada lagu yang apik.

Beberapa jenis alat musik recorder dapat dibagi menjadi 6. Terdapat recorder sopranino, recorder soprano, recorder alto, recorder tenor, recorder bass dan recorder contrabass. Disini, anda bisa memilih salah satu jenis recorder yang sesuai untuk mengiringi jenis lagu tertentu sesuai dengan nada dasar yang digunakan.

Jika dijabarkan, jenis alat musik recorder yang paling umum digunakan dalam dunia pendidikan adalah recorder soprano, recorder sopranino dan recorder alto. Tentu saja, anda bisa mengajak beberapa teman untuk mengkombinasikan beberapa jenis recorder ini dalam mengcover nada lagu agar tercipta kesatuan yang menarik.

3. Cara Memainkan Alat Musik Recorder

Alat musik recorder berjenis melodis membutuhkan hembusan udara pemain untuk menghasilkan rangkaian nada tertentu. Alat ini tersusun dari beberapa lubang dengan tangga nada sebagaimana jenis alat musik lainnya. Untuk memainkan alat ini, anda perlu meniup secara perlahan agar dapat menghasilkan suara yang halus.

Tentu saja, cara memainkan alat musik yang satu ini perlu diawali dengan teknik memegang recorder dengan tepat. Pasalnya, anda bisa memegang recorder bagian atas menggunakan tangan kiri dan tangan kanan memegang bagian bawah. Tutuplah beberapa lubang oktaf tertentu untuk menghasilkan tanda nada yang bisa anda susun dalam mengiringi sebuah lagu.

Demi kenyamanan pemain, anda sebaiknya mengusahakan posisi badan lurus tegak dan bahu tidak tegang. Angkatlah siku secukupnya dan usahakan tidak menyentuh badan. Anda bahkan bisa membusungkan dada kedepan untuk mendapatkan posisi ternyaman sebelum memainkan alat ini.

Selanjutnya, usahakan meniup recorder secara perlahan sesuai porsinya. Anda bahkan tidak disarankan untuk meniup alat ini dengan keras dan sekuat tenaga karena hanya akan menghasilkan nada yang kurang enak didengar. Selain itu, usaha meniup recorder dengan keras hanya akan membuat anda cepat lelah ketika memainkan alat musik yang satu ini.

Itulah ulasan yang perlu anda ketahui terkait alat musik recorder mulai dari pengertiannya hingga penggunaan recorder dimainkan dengan cara apa. Pasalnya, anda membutuhkan ketelitian dan kesabaran dalam memainkan alat ini. Selain mempraktikkan cara memegang dan meniup alat ini agar bisa bermain dengan nyaman, anda memerlukan teknik bermain tangga nada dengan benar.

Bagaimana cara memainkan alat musik recorder jelaskan?

Pada intinya cara memainkan alat musik RECORDER adalah dengan cara DITIUP sembari membuka dan menutup lubang (udara atau oktaf) yang ada. Dengan demikian maka recorder adalah jenis alat musik yang sumber bunyinya dari tekanan udara yang ditiup.

Bagaimanakah 3 cara memainkan alat musik recorder?

Cara/ tehnik memainkan alat musik recorder adalah sebagai berikut:

  • Letakkan sumber tiupan (mounthpiece) di antara dua bibir, jangan terlalukeluar, jangan terlalu masuk ataupun digigit,
  • Tangan kiri memegang bagian badan atas recorder dengan setiap jari menutup lubang-lubang tertentu, 
  • Tangan kanan memegang bagian bawah

Sebutkan 4 langkah dalam memainkan recorder yang baik?

  1. Persiapan: latihan pernafasan dan menguasai alat musik recorder.
  2. Fingering.
  3. Blowing.
  4. Tonguing.