cara lumba-lumba berkembang biak
Kamu lagi cari tahu bagaimana cara lumba-lumba berkembang biak? yuk cari jawabannya diini

Lumba Lumba Berkembang Biak Dengan Cara Apa? Ini Jawabannya

Posted on

Pertanyaan tentang lumba lumba berkembang biak dengan cara apa tampaknya menjadi salah satu pertanyaan yang kerap kali sering kita dengarkan. Hal ini dikarenakan hewan yang memiliki habitat di air ini tergolong sebagai hewan mamalia. Dimana kamu tahu bahwa hewan mamalia merupakan salah satu hewan yang berkembang biak dengan cara mengandung dan melahirkan. Simak ulasannya berikut ini.

Usia Kandungan Dari Lumba Lumba

Sebagai hewan mamalia, lumba lumba pun termasuk hewan yang mengandung. Namun, ternyata hewan satu ini memiliki usia mengandung yang berbeda dengan manusia. Jika kamu tahu, manusia mengandung bayi di dalam rahim atau kandungan dalam waktu yakni sekitar 9 bulan.

Hal ini ternyata berbeda dengan hewan lumba lumba yang membutuhkan waktu yakni sekitar 12 bulan atau satu tahun agar nantinya bayi lumba lumba lahir dengan sempurna. Sehingga dapat dikatakan jika hewan mamalia satu ini memiliki masa kandungan yang lebih lama dibandingkan dengan manusia.

Proses Perkembang Biakkan Dari Lumba Lumba

Dalam proses perkembangbiakan yang terdapat di salah satu pusat lumba lumba yakni Ocean Dream Samudra Ancol, lumba lumba yang akan melakukan perkembangbiakkan akan dipilih dulu jenis kelaminnya. Sehingga lumba lumba jantan dan betina akan dipilih dan kemudian dijodohkan dan disatukan ke dalam satu kolam yang sama.

Ketika fase penjajakan tersebut, nantinya kedua hewan lumba lumba tersebut akan dipantau lebih jauh dan lebih teliti. Mulai dari umur dan juga riwayat kesehatan dari dua mamalia tersebut. Selanjutnya, proses pengawasan akan tetap berlanjut, mulai dari proses perkawinan hingga pembuahan.

Kemudian, pada kedua hewan tersebut juga akan diberikan kontrol yakni berupa pemeriksaan secara bertahap. Seperti tingkatan pada hormon progesteron hingga sampel darah dari lumba lumba. Sama seperti manusia, ketika lumba lumba dinyatakan positif mengandung, maka pihak pengawas juga akan rutin melakukan tes USG.

Untuk waktunya sendiri yakni sekitar minimal 2 bulan sekali, yang mana untuk mengetahui bahwa perkembangan janin yang ada di dalam lumba lumba memang dalam kondisi yang baik baik saja. pemantauan yang dilakukan oleh tim meds satu ini biasanya akan memantau hingga lumba lumba melahirkan nantinya.

Kemudian, ketika bayi lumba lumba masih dalam proses menyusui, maka nantinya akan tetap disatukan dengan induknya. Proses satu ini akan tetap dilakukan hingga bayi tersebut menjadi mandiri dan semakin besar. Dengan begitu, baik bayi dan juga induk lumba lumba akan tetap dalam kondisi yang sehat.

Proses Adaptasi Dari Lumba Lumba Setelah Lepas Dari Induknya

Perlu anda tahu jika lumba lumba ini termasuk salah satu hewan yang pemilih dalam berteman. Jika anak lumba lumba sudah tidak tinggal dengan ibunya, maka nantinya hewan satu ini akan mulai mencari teman yang mampu membantunya untuk membangun keterampilan. Hal ini diungkapkan oleh Georgetown University dan Duke University dalam penelitiannya.

Di dalam penelitian tersebut, para peneliti mengamati sekitar 1700 lumba lumba hidung botol yang berada di Shark Bay, Australia Barat. Dimana nantinya hewan mamalia ini yang telah berpisah dengan induknya, maka akan hidup di dalam kelompok yang berubah ubah. Dan akhirnya akan berhubungan dan memiliki kecenderungan untuk menghabiskan waktu bersama dengan teman teman dekat.

Itulah hal yang perlu kamu tahu tentang lumba lumba berkembang biak dengan cara apa. lumba lumba termasuk salah satu hewan mamalia. Sehingga di dalam proses perkembangbiakannya juga pastinya akan mengandung dan melahirkan seperti manusia, namun dengan waktu yang lebih lama yakni 12 bulan.

Berapa lama lumba lumba berkembang biak?

Berbeda dengan manusia yang membutuhkan 9 bulan saat melahirkan, lumbalumba butuh waktu sekitar 12 bulan sampai bayi lumbalumba lahir sempurna.

Lumba lumba bertelur apa enggak?

Lumba – lumba adalah hewan mamalia dimana cara berkembang biak lumba – lumba adalah dengan cara beranak (vivipar) sama seperti kebanyakan mamalia

Kenapa ikan lumba-lumba pintar?

Lumbalumba telah dibuktikan sebagai sebagai hewan cerdas. Mereka dapat mengenali diri mereka sendiri di cermin hingga berkomunikasi satu sama lain. Otak besar lumbalumba terstruktur untuk kesadaran dan emosi, dan otak mereka bahkan lebih kompleks secara struktural daripada manusia.