gimana cara katak berkembang biak

Katak Berkembang Biak Dengan Cara Apa? Ini Jawabannya

Posted on

Katak menjadi salah satu hewan yang identik dengan warna hijau dan suaranya yang khas. Hewan amfibi ini hidup di dua alam yakni di daratan dan juga di air. Pertanyaan yang sering muncul adalah katak berkembang biak dengan cara apa? Untuk katak dewasa umumnya berkembang dengan cara bertelur atau ovipar. Berikut ini akan dibahas bagaimana daur hidup dari seekor katak.

Menyimak Bagaimana Daur Hidup Dari Hewan Katak

1. Bertelur

Fase perkembangbiakan katak yang pertama adalah bertelur. Siklus hidup dari seekor kata diawali dengan telur katak yang menetas dan memiliki bentuk yang mirip dengan biji selasih. Hal ini dikarenakan telur kata tersebut memiliki cangkang yang sangat tipis. Cangkang yang tipis tersebut tentunya memiliki fungsi tersendiri.

Fungsinya adalah agar nantinya mampu bertahan hidup di perairan yang memiliki arus yang kencang ataupun perairan yang memiliki potensi untuk kering. Selain itu, uniknya lagi katak berbeda dengan hewan ovipar lain seperti ayam yang umumnya akan mengerami telurnya hingga berubah menjadi anak ayam.

Katak tidak perlu untuk melakukan hal tersebut. Hal yang perlu dilakukan dalam masa berkembang biak katak adalah dengan meletakkannya ke kubangan air yang dianggapnya aman. Selanjutnya, telur tersebut akan menetas dalam waktu 10 hari hingga berubah menjadi berudu atau kecebong.

Baca Juga:  Lumba Lumba Berkembang Biak Dengan Cara Apa? Ini Jawabannya

2. Kecebong

Berlanjut ke fase kedua, sebelum menjadi katak, telur tersebut berubah menjadi kecebong. Berudu ini akan memiliki insang dalam waktu dua hari setelah menetas dari telur. Di dalam siklus ini, kecebong akan hidup dalam air secara penuh hingga nantinya berubah menjadi katak muda. Untuk makanannya selama berada di air, kecebong ini memakan tumbuhan alga dan juga tumbuhan yang lain.

3. Katak Muda

Siklus berkembang biak katak dilanjutkan dengan kata muda. Pada tahapan ini, katak masih bernafas dengan insang dan hidup di air. Umumnya, di umur yang masih muda, hewan ini akan makan serangga seperti jangkrik sebagai makanan nya. Kemudian, ketika usianya menginjak 3 minggu sebagai katak muda, akan muncul kulit yang menutupi insang.

Ketika katak muda menginjak umur 8 minggu, akan tumbuh kaki belakang yang ada di dalam tubuh berudu dan kemudian membesar seiring dengan pertumbuhan yang terjadi pada kaki depannya. Memasuki usia 12 minggu, jari kaki pada katak akan mulai terbentuk secara sempurna. Ditambah dengan ekornya yang memendek dan insang mulai tidak berfungsi berganti bernafas dengan paru paru.

4. Katak Dewasa

Ketika anggota tubuh katak mulai tumbuh dengan sempurna, maka katak muda tersebut akan berubah menjadi katak dewasa. Dalam siklus satu ini, merupakan fase tertinggi yang dimiliki oleh katak. Saat katak telah dewasa, biasanya mereka akan lebih banyak untuk menghabiskan waktunya yakni di daerah daratan.

Baca Juga:  Hydra Berkembang Biak Dengan Cara Apa? Ini Penjelasan Lengkapnya

Adapun ciri ciri dari katak dewasa adalah ditandai dengan kulitnya yang licin. Kemudian, untuk warnanya yakni hijau dan agak kecoklatan. Selain itu, untuk kaki belakang dari katak akan mempunyai ukuran yang lebih panjang. Hal ini bertujuan agar memudahkan untuk melompat maupun berenang. Karena seperti yang anda tahu, katak hidup di daratan dan perairan.

Katak berkembang biak dengan cara ovipar ini nantinya akan mengulang siklus yang sama. Dimana katak jantan akan membuahi katak yang betina. Kemudian katak betina pun akan menghasilkan telur dan mengulang siklus yang sama. Biasanya jika katak bereproduksi, mereka akan cenderung menjadi area yang berair. Hal ini dikarenakan agar lebih mudah untuk meletakkan telur katak nantinya. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *