gimana sih cara hydra berkembang biak

Hydra Berkembang Biak Dengan Cara Apa? Ini Penjelasan Lengkapnya

Posted on

Secara umum, hewan dapat berkembang biak dengan dua cara yaitu seksual (generatif) dan aseksual (vegetatif). Menariknya lagi, ada hewan yang bisa berkembangbiak dengan kedua cara tersebut yaitu hydra. Lazimnya, memang hydra berkembang biak dengan cara bertunas atau vegetatif. Namun hewan satu ini ternyata juga bisa berproduksi secara seksual.

Sekilas Tentang Hydra

Hydra merupakan salah satu hewan yang termasuk ke dalam kelas hydrozoa dan ordo hydroida. Ukuran tubuh hewan satu ini tidak besar, bahkan panjang tubuhnya maksimal hanya sekitar 30 milimeter saja. Selain ukurannya mini, tubuhnya juga semi transparan sehingga membuat hydra nyaris tidak terlihat jika dipandang menggunakan mata telanjang.

Oleh sebab itu, diperlukan mikroskop untuk bisa melihat hydra dengan jelas. Dimana hewan satu ini banyak ditemukan di sungai dan kolam air tawar yang mempunyai arus lambat. Mereka biasanya menempel di bebatuan yang ada di perairan atau pada tanaman air yang hidup di sekitar area tersebut.

Apabila hydra merasa terganggu misalnya karena hewan lain, maka tubuhnya kemudian akan berkontraksi dan membuatnya terlihat seperti gumpalan kecil. Tubuh yang terdiri atas banyak sel ini juga dilengkapi oleh tentakel yang bisa dimanfaatkannya untuk perpanjangan badan, guna menangkap mangsa.

Sistem Reproduksi Hydra

Umumnya, cara hydra berkembang biak adalah dengan melakukan reproduksi aseksual yaitu mengembangkan tunas dari tubuh. Namun sama halnya dengan anggota hewan hydrozoa lainnya, hydra juga berkembang baik melalui dua stadium yaitu polip dan medusa. Yang mana stadium polip dapat berlangsung lebih lama dibandingkan stadium medusa.

Baca Juga:  Kadal Berkembang Biak Dengan Cara Apa?

Sehingga dengan kata lain, hydra tidak hanya dapat berkembang biak dengan cara vegetatif saja. Mereka juga dapat melakukan perkembangbiakan secara generatif, yang terjadi pada stadium medusa. Metode polip dan medusa ini dilakukan secara bergantian, dimana perkembangbiakan secara vegetatif biasanya terjadi ketika hydra mempunyai kelebihan makanan.

Perkembangbiakan Hydra Secara Vegetatif

Perkembangbiakan hydra secara vegetatif dilakukan pada stadium polip, dimana proses ini terjadi ketika sumber nutrisi yang ditemukan di sekitar tempat hidupnya melimpah. Hal yang pertama dilakukan oleh hydra dewasa adalah menumbuhkan tunas kecil atau kuncup pada tubuhnya.

Selang beberapa waktu, tunas kecil tersebut akan berkembang menjadi organisme baru dan muncul tentakel serta mulut yang bisa digunakan untuk mencari makan. Ketika organisme baru ini sudah mampu menangkap makanan sendiri, maka ia akan melepaskan diri dari induknya dan menjadi hydra baru. Umumnya, pada saat itu mereka akan berukuran 3/5 dari ukuran inangnya.

Perkembangbiakan Hydra Secara Generatif

Cara hydra berkembang biak generatif terjadi pada stadium medusa, yang mana fase ini terjadi ketika hydra tidak menemukan makanan yang cukup di sekitar tempat hidupnya. Sehingga pada fase medusa ini akan menghasilkan gamet jantan dan betina. Dengan tahapan pertama yang ditandai dengan pelepasan sel sperma melalui gonad jantan oleh hydra jantan.

Sel sperma tersebut diterima oleh hydra betina dan selanjutnya hydra betina akan melakukan pelepasan sel telur. Sayangnya, proses ini biasanya bersamaan dengan kematian pada hydra betina. Kemudian tahap terakhir yaitu fertilisasi yang akan menghasilkan zigot. Zigot selanjutnya akan berkembang menjadi larva planula lalu larva dan memasuki stadium polip dengan menempel di suatu substrat.

Baca Juga:  Lumba Lumba Berkembang Biak Dengan Cara Apa? Ini Jawabannya

Jadi, sebenarnya hydra berkembang biak dengan cara vegetatif dan generatif. Ketika ditemukan makanan yang melimpah di habitatnya, maka hydra akan memasuki stadium polip atau berkembangbiak dengan cara tunas. Sementara pada kondisi tidak adanya makanan di sekitar, maka hydra akan memunculkan bentuk medusa sebagai sarana untuk reproduksi (generatif).

Apakah hydra berkembang biak dengan cara membelah diri?

Hydra termasuk hewan yang berkembang biak dengan cara vegetatif yaitu melalui Tunas.

Apakah pada proses hydra terjadi pertemuan gamet?

Cara hydra berkembang biak generatif terjadi pada stadium medusa, yang mana fase ini terjadi ketika hydra tidak menemukan makanan yang cukup di sekitar tempat hidupnya. Sehingga pada fase medusa ini akan menghasilkan gamet jantan dan betina. Dengan tahapan pertama yang ditandai dengan pelepasan sel sperma melalui gonad jantan oleh hydra jantan.

Apakah hydra bertelur?

Tidak, lebih tepatnya Hydra bertunas.

Apakah perbedaan antara hydra dan Obelia?

Hydra hidup di habitat air tawar, sedangkan Obelia secara eksklusif hewan laut. Hydra tidak memiliki bentuk medusa dalam siklus hidup mereka, sedangkan Obelia memiliki kedua bentuk; polip dan medusa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *