cara transfer pulsa xl ke sesama atau beda operator

Cara Transfer Pulsa XL Melalui SMS atau Aplikasi MyXL

Posted on

Dewasa ini, penggunaan pulsa banyak tergantikan dengan keberadaan kuota internet. Meski demikian, beberapa keperluan tertentu nyatanya membutuhkan sejumlah pulsa. Jumlah penggunaan pulsa yang cukup sedikit bahkan membuat sebagian orang lebih memilih transfer dari pada mengisi ulang pulsa. Bagi anda yang penasaran tentang cara transfer pulsa XL, berikut ulasannya.

Tahapan Transfer Pulsa XL

1. Sekilas Tentang Syarat Dan Ketentuan Yang Harus Dipenuhi

Syarat dan ketentuan memang tidak boleh dilewatkan dalam melakukan berbagai hal. Termasuk ketika anda hendak mentransfer jenis pulsa tertentu, seperti XL. Pasalnya, pemenuhan syarat dan ketentuan yang tidak sesuai bisa menyebabkan gagalnya transaksi yang anda lakukan sehingga kebutuhan tidak bisa terpenuhi.

Jika dijabarkan, syarat dan ketentuan yang diberikan pihak XL sebelum melakukan transfer pulsa terletak pada jumlah pulsa dan transaksi yang dilakukan. Pihak XL memberikan batasan kegiatan transfer pulsa sebanyak 5 kali dalam satu hari. Begitu pula, anda perlu menyisakan nominal pulsa minimal Rp5 ribu setelah melakukan transfer dengan biaya penanganan Rp500.

2. Menggunakan Menu Panggilan

Setelah memenuhi persyaratan yang diberikan, anda bisa melakukan transfer pulsa dengan berbagai cara. Salah satunya adalah memanfaatkan menu panggilan dengan menekan *123# dan klik tombol ‘Call/Ok’. Jika anda menggunakan 2 simcard dalam satu ponsel, pilihlah menu tombol panggilan kartu XL yang sudah memenuhi persyaratan untuk melakukan transfer.

Jika sudah berhasil menekan tombol panggilan, anda akan dihadirkan dengan banyak informasi. Pilihlah nomor 7 dengan keterangan informasi agar dapat diproses pada tahapan selanjutnya. Lalu, pilih nomor 2 dengan keterangan m-pulsa dan pilih kembali nomor 2 dengan keterangan bagi pulsa.

Setelah melakukan beberapa tahapan di atas, anda akan dihadirkan dengan 5 pilihan. Anda bisa memilih nomor 4  untuk bagi pulsa dengan cara memasukkan nomor tujuan yang akan diisi dengan nominal tertentu. Masukkan minimal transfer Rp1 hingga Rp1 juta dan tunggulah proses transfer berhasil dikirimkan.

Tentu saja, penggunaan menu panggilan menghadirkan pilihan lain jika anda tidak ingin melakukan langkah-langkah panjang sebagaimana ulasan sebelumnya. Anda bisa memasukkan *123*168# dan pilih nomor tujuan nominal maupun *123*8461 lalu pilih bagi pulsa. Ikuti beberapa tahapan yang disarankan hingga pulsa berhasil dikirimkan ke nomor tujuan. 

3. Melalui SMS

Jika anda ingin melakukan transfer pulsa melalui SMS, kirimkan ke nomor 168 dengan ketik BAGI(spasi)NOMOR TUJUAN(spasi)NOMINAL PULSA. Tunggulah SMS notifikasi balasan lalu ketik ‘Y’ dan kirim ke 168. Setelah itu, ketikkan nominal pulsa dengan kelipatan 1 ribu-200 ribu lalu kirim ke 1(nomor tujuan). Tunggulah notifikasi SMS balasan dan lakukan konfirmasi dengan ketik ‘Y’.

4. Menggunakan Aplikasi MyXL

Selain itu, transfer pulsa dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi MyXL yang sudah disediakan. Tentu saja, anda perlu mendownload dan menginstall aplikasi ini terlebih dahulu melalui Playstore atau Appstore jika belum memilikinya. Lakukan login ke akun yang anda miliki agar aplikasi ini dapat digunakan.

Jika aplikasi sudah siap digunakan, pilihlah menu bagi pulsa yang terdapat pada bagian halaman utama. Setelah itu, masukkan nomor ponsel tujuan yang akan ditransfer pulsa dan sejumlah nominal yang akan diberikan lalu klik ‘Kirim’. Tunggulah notifikasi SMS XL yang berisi kode OTP agar dapat diproses secara otomatis.

Itulah beberapa cara transfer pulsa XL yang bisa anda lakukan di rumah. Anda bisa memilih berbagai cara yang disuguhkan untuk mendapatkan kenyamanan ketika melakukan transfer pulsa. Tentu saja, anda perlu memastikan syarat dan ketentuan sudah terpenuhi sebelum melakukan aktivitas yang satu ini.

Bagaimana cara transfer pulsa XL ke operator lain?


#1 Melalui Kode *123#

  1. Buka menu panggilan atau dial up.
  2. Selanjutnya masukkan kode *123# lalu tekan panggil atau OK.
  3. Selanjutnya pilih opsi mPulsa. Setelah itu pilih Bagi Pulsa.
  4. Masukkan nomor tujuan (nomor yang akan diberi pulsa).
  5. Lalu masukkan nominal pulsa yang akan dikirim.
  6. Akhiri dengan menekan ok atau kirim.

Berapa biaya transfer pulsa XL ke XL?

Untuk bisa menikmati layanan bagi pulsa ini, Anda wajib memenuhi syarat dan ketentuan yang telah diterapkan oleh XL seperti berikut ini. Setiap transaksi transfer atau bagi pulsa Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp5.00- yang diambil dari jumlah pulsa yang ditransfer.

Berapa minimal bagi pulsa XL?

Minimal pulsa yang tersisa (setelah melakukan transfer) adalah sebesar Rp5.000,-. Setiap transaksi transfer pulsa akan dikenakan biaya sebesar Rp500,- yang diambil dari jumlah pulsa yang ditransfer.

Apakah pulsa XL bisa ditransfer ke Indosat?

Ada beberapa cara transfer pulsa XL ke Indosat, salah satunya dengan menggunakan USSD dan SMS. Tapi dalam berbagi pulsa XL ke lain operator, Anda akan dikenakan biaya sesuai dengan nominal pulsa yang ingin dibagikan.