cara mudah sreenshot layar di laptop ASUS

Cara Screenshot di Laptop ASUS

Posted on

Min tahu cara Screenshot di laptop ASUS gak? tiba-tiba ada tanya kaya gitu, setelah mimin telusuri ternyatatahu dong caranya. bahkan mudah banget semudah menekan 2 tombol di keyboard laptop kamu.

Cara screenshot atau menangkap gambar pada setiap merk laptop berbeda-beda. tidak hanya pada laptop di Smartphone pun cara screenshot layar berbeda-beda setiap merk.

Fitur screenshot ini sangat berguna untuk segala sesuatu yang berhubungan dengan kegiatan jualan online, desain grafis, membuat tutorial, membuat buku dan lain sebagainya.

Untuk kamu pengguna Laptop ASUS jangan kawatir kali ini akan kita bahas bagaimana cara screenshot layar di laptop ASUS, dengan atau tanpa bantuan tools tambahan yang harus di install di laptop kamu.

Shortcut Screenshot di Laptop ASUS

Shortcut kombinasi untuk melakukan screenshot layar pada laptop ASUS adalah tombol Windows + PrtScn pada keyboard.

Sebenarnya dengan menggunakan tombol PrtScn sudah bisa melakukan screenshot layar, hanya saja baru sampai proses mengcapture layar laptop, jadi belum tersimpan sebagai file foto.

Karena itu dikombinasikan dengan tombol Windows agar proses yang dilakukan adalam capture layar dan menyimpannya ke dalam hardisk.

Jadi caranya pada saat layar yang ingin di screenshot kamu bisa tekan secara berbarengan tombol Windows dan PrtScn. setelah ditekan layar akan berkedip dan hasil tangkapan layar kamu akan otomatis disimpan di hardish laptop kamu.

Tombol PrtScn + Aplikasi Paint

Tidak jauh berbeda dengan cara sebelumnya di atas, cara ini pertama yang harus dilakukan adalah kamu buka layar yang ingin kamu screenshot,

Lalu tekan tombol PrtScn atau CTRL + PrtScn pada keyboard

Setelah itu kamu lanjutkan dengan membuka aplikasi Paint, Pain ini merupakan aplikasi bawaan windows jadi kamu tidak perlu install terlebih dahulu.

Pada halam windows aplikasi Paint, tempal hasil capturan / screenshot tadi dengan menekan tombol CTRL+V pada keyboard

Setelah itu gambar capturan layar laptop kamu akan berada pada layar Paint

Pilih menu save atau tekan Ctrl+S dan simpan dengan menggunakan format JPG/PNG

Screenshot Menggunakan Snipping Tool

Selain dengan menggunakan shortcut keyboard di atas, kam juga bisa menggunaan aplikasi bawaan dari Windows yang tersedia di semua versi OS Windows saat ini.

Pertama buka layar yang mau kamu screenshot

Lalu pada tekan tombol Windows pada keyboard dan cari dengan kata kunci Snipping Tool di kotak pencarian

Setelah ketemu klik Aplikasi Snipping Tools dan tekan tombol New untuk mulai mengcapture layar.

Kamu bisa mengcapture layar sesuai keinginan, bisa area mana yang ingin kamu capture atau semua satu layar tergantung dari kebutuhan kamu.

Aplikasi Screenshot Layar Laptop

Selain menggunakan shortcut keyboard atau aplikasi bawaan dari Windows, kamu juga bisa menggunakan aplikasi untuk screenshot lainnya, berikut beberapa rekomendasi aplikasi Screenshot layar laptop yang mudah digunakan.

Lightshot

Kamu bisa download aplikasi Lighshot disini

Install aplikasi tersebut, ikuti saja langkahnya

Kalau sudah pastikan jalankan aplikasi tersebut, bila sedan aktif biasanya ada pada toolbar laptop kamu di pojok kanan bawah akan muncul logo bulu berwarna ungu.

Kalau sudah aktif kamu hanya perlu tekan tombol PrtScn atau Print Screen pada keyboard, nanti layar akan meredup dan kamu bisa seleksi bagian layar yang ma udi capture.

Enaknya pake aplikasi ini kamu bisa langsung tambahkan shape garis kotak, tanda panah, text untuk langsung digambar diatas hasil screenshot tersebut sebelum di save.

Kalai sudah kamu bisa gunakan 3 cara save

Pertama kamu bisa upload gambar hasil screenshot secara otomatis dan kamu akan mendapatkan link download gambar hasil screenshot

Kedua kamu bisa copy dan pastekan gambar langsung pada aplikasi paint, powerpoint, photoshop, atau Ms, Word.

Ketiga kamu bisa save file hasil screenshot berupa file JPG/PNG di hardisk kamu.

Screen Captor

Kamu bisa install aplikasi Screen Captor di laptop kamu

Jika sudah kamu bisa melakukan screenshot halaman di layar laptop kamu. Salah satu keunggulan dari aplikasi ini kamu bisa screenshot halaman website langsung di browser dengan ukuran panjang ke bawah tanpa putus. ini cocok banget buat kamu yang ingin mengcapture halaman website secara utuh setiap halaman.

Awesome Screenshot – Add on Browser

Nah kali ini juga favorite nih, sama sepertu Screen Captor, kamu bisa capture / screenshot halaman website secara utuh tanpa putus.

Setelah selesai capture halaman kamu bisa edit terlebih dahulu, seperti menambahkan note kotak berwarna, tambah tanda panah, text dan juga fitur lainnya.

Kalau sudah sama seperti aplikasi Lighshot kamu bisa save hasil screenshot dalam 3 cara, yakni upload online, copy dan pastekan ke aplikasi lain, dan save file ke Drive laptop kamu.

selain bisa screenshoot addon ini juga digunakan untuk screenrecord. jadi kamu bisa record aktifitas kam udi browser, ini sangat berguna untuk kamu yang ingin mebuat tutorial atau panduan di Internet.

Itu dia berbagai cara untuk Screenshot Layar di laptop ASUS, untuk beberapa cara bisa juga digunakan pada laptop merk lainnya selain ASUS.

Semoga ulasan ini bisa menjawab kamu yang punya pertanyaan bagaimana cara screenshot di Laptop ASUS?

Share bila bermanfaat dan jangan lupa cek artikel update lainnya di Anti-gaptek.com

Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan

Cara Melihat hasil Screenshot di Laptop ASUS

Hasil screenshot di laptop ASUS akan otomatis tersimpan di dalam Pictures library

Cara Screenshot Laptop ASUS Windows 10

Bisa menggunakan Shortcut tombol Windows+PrtScn atau menggunakan Snapping Tools

Cara Screenshot Laptop ASUS Windows 7

  • Gunakan tombol PrtScn pada keyboard,
  • Lalu buka aplikasi Paint,
  • Dan pastekan hasil screenshot tadi dengan menekan tombol Ctrl+V,
  • kalau sudah save image as PNG atau JPG

Screenshot Laptop ASUS Tersimpan Dimana?

Hasil screenshot atau caputre layar laptop ASUS akan otomastis masuk ke dalam Pictures Library

Cara Screenshot Laptop ACER

Tekan secara bersamaan tombol Windows + PrtScn lalu otomatis gambar hasil screenshot akan tersimpan ke dalam hardisk laptop

Cara Screenshot Laptop Lenovo

  • Gunakan tombol PrtScn pada keyboard
  • Setelah itu buka aplikasi Paint
  • Pastekan / tempel gambar yang tadi di screenshot dengan menekan tombol CTRL+V
  • Save file as image bisa PNG atau JPG

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *