cara daftar kartu Smartphone

Cara Registrasi Kartu Smartfren, Mudah & Praktis!

Posted on

Menurut peraturan terbaru dari Kemkominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika), seluruh pengguna kartu prabayar wajib melakukan registrasi terlebih dahulu. Tak terkecuali bagi anda yang menggunakan provider Smartfren. Bagaimana cara registrasi kartu Smartfren, baik pengguna baru maupun pengguna lama ? Artikel berikut ini akan menjabarkan cara lengkapnya.

Registrasi Kartu Smartfren

1. Datang Secara Langsung ke Gerai

Datang secara langsung ke gerai Smartfren terdekat bisa menjadi salah satu cara yang dapat anda tempuh untuk melakukan registrasi kartu prabayar. Bahkan cara satu ini adalah pilihan pertama dan terakhir. Sebab jika berbagai cara lainnya tidak berhasil dilakukan, maka mendatangi gerai Smartfren akan menjawab permasalahan anda.

Pasalnya di gerai akan ada petugas yang bisa membantu anda untuk melakukan registrasi hingga tuntas. Sehingga apa yang menjadi kebingungan maupun kesulitan anda selama registrasi akan terjawab. Beberapa hal yang perlu anda bawa saat datang ke gerai di antaranya yaitu kartu Smartfren yang anda miliki, Kartu Tanda Penduduk (KTP), dan juga Kartu Keluarga (KK).

2. Registrasi Secara Online

Cara registrasi Smartfren juga bisa dilakukan secara daring dari mana saja dan kapan saja melalui website resminya. Cara ini tentu sangat membantu bagi anda yang memiliki banyak kesibukan, sehingga tidak sempat untuk datang secara langsung ke gerai Smartfren. Namun pastikan anda memiliki koneksi internet terlebih dahulu untuk melakukan cara satu ini.

Baca Juga:  Cara Mengaktifkan Kartu Telkomsel Mudah Nggak Pake Ribet

Anda bisa menggunakan smartphone maupun komputer untuk melakukan registrasi secara daring. Pertama kunjungi laman Smartfren Prepaid Register dan isikan semua kolom yang tertera di layar. Mulai dari nomor Smartfren anda, Nomor Induk Kependudukan (NIK) KTP, hingga kolom kode captcha.

Untuk melakukan verifikasinya sendiri, terdapat dua opsi yang bisa anda jadikan pilihan. Yang pertama yaitu anda bisa memilih di antara pilihan PUK (terdapat di belakang cangkang kartu) dan kode aktivasi (terdapat di stiker box perangkat). Lalu yang kedua bisa memilih antara memasukkan nomor kartu keluarga atau nama ibu kandung.

Kemudian lanjutkan pengisian kolom email dengan alamat email yang anda miliki, lalu untuk kolom nomor handphone lainnya bisa diisikan dengan nomor telepon lain apabila ada. Beri centang pada kolom syarat dan ketentuan, lalu klik lanjutkan. Maka anda pun sudah berhasil melakukan registrasi kartu Smartfren.

3. Registrasi Via SMS

Apabila tidak memiliki koneksi internet dan enggan jika harus datang langsung ke gerai Smartfren, maka cara registrasi Smartfren satu ini tentu bisa anda jadikan pilihan. Cara ini bahkan terbilang paling praktis, sebab mengirim pesan singkat untuk melakukan registrasi tidak dikenai biaya apapun alias gratis.

Jadi apabila anda membeli kartu prabayar tanpa pulsa, maka tetap bisa melakukan registrasi melalui SMS. Langkahnya pun tidak sulit, cukup siapkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Nomor KK. Kirim pesan singkat dengan format NIK#Nomor KK#, lalu kirim ke 4444. Maka anda akan mendapat SMS balasan yang menyatakan bahwa registrasi berhasil.

Baca Juga:  Cara Transfer Pulsa 3 (Tri) Simple dan Mudah Banget Update 2021

Sementara bagi anda yang melakukan registrasi ulang nomor Smartfren, bisa menggunakan format ULANG#NIK#Nomor KK# lalu kirimkan ke 4444. Nantinya juga akan muncul SMS balasan yang isinya kurang lebih sama, menyatakan bahwa registrasi berhasil dilakukan. Yang penting diperhatikan pada cara ini adalah pastikan bahwa nomor NIK dan KK sudah benar.

Tidak sulit bukan cara registrasi kartu Smartfren ? Bahkan terdapat beberapa cara yang bisa dilakukan untuk registrasi, sehingga anda dapat memilih salah satunya yang dinilai paling praktis. Setelah melakukan registrasi, anda pun sudah dapat menggunakan kartu Smartfren yang dimiliki untuk berbagai hal seperti SMS, telepon, hingga internetan.

Bagaimana cara aktifkan kartu Smartfren?

Buka menu SMS, lalu masukkan angka 4444 di kolom nomor tujuan. Masukkan Nomor NIK#Nomor KK#. Tekan OK atau Send untuk mengaktifkan kembali nomor Smartfren.

Kenapa kartu Smartfren tidak aktif?

Sinyal kurang bagus. Memang sedang gangguan. Pengaturan internet tidak sesuai. Masa aktif Smartfren habis.

Kode aktivasi Smartfren ada dimana?

Jika Gadgeter memerlukan nomor kode aktivasi (Gadgeter yang menggunakan perangkat Smartfren), kode aktivasi dapat dilihat pada bagian stiker box perangkat Smartfren.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *