kiat menulis daftar pustaka yang baik dan benar

Cara Menuliskan Daftar Pustaka Yang Baik & Benar

Posted on

Sebagai seorang penulis, sudah selayaknya anda wajib memberikan informasi yang benar dan akurat. Bahkan, anda diharuskan untuk menuliskan daftar pustaka sebagai sumber yang benar pada tulisan tertentu. Misalnya saja pada tulisan ilmiah. Bagi anda yang penasaran terkait cara menuliskan daftar pustaka, yuk simak beberapa ulasan berikut.

Kiat-Kiat Dalam Menulis Daftar Pustaka

1. Nama Penulis

Tahapan pertama yang perlu dituliskan dalam mencantumkan daftar pustaka adalah nama penulis. Pasalnya, nama ini menunjukkan pemilik karya sebelumnya yang anda gunakan. Hal ini sangat penting untuk dilakukan guna menghindari tuduhan pencurian tulisan, penjiplakan atau plagiasi tulisan.

Tata cara menuliskan nama penulis pada daftar pustaka dapat dilakukan dengan menuliskan nama belakang terlebih dahulu dan diikuti dengan nama depan. Pada tahapan ini, anda tidak perlu menuliskan gelar yang dimiliki oleh penulis. Bahkan, beberapa gaya penulisan daftar pustaka ada yang hanya menuliskan nama belakang dan diikuti oleh singkatan dari nama depan.

Begitu pula, penulisan nama ini dapat diikuti oleh tanda penghubung dan jika penulis dari sumber yang anda gunakan terdiri dari 2 sampai 3 orang. Pada tahapan ini, anda bisa menggunakan tanda hubung titik untuk memisahkan nama penulis yang satu dengan yang lain. Adapun jumlah penulis yang lebih dari 3 orang bisa dituliskan dengan menambahkan kata ‘dkk’ (dan kawan-kawan).

Baca Juga:  Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan

2. Tahun Terbit

Selanjutnya, tahun terbit menjadi salah satu komponen penting yang wajib dipenuhi ketika menuliskan daftar pustaka. Hal ini karena sangat berhubungan dengan kondisi sumber yang digunakan apakah masih akurat atau tidak. Tentu saja, beberapa penulis ilmiah umumnya menggunakan sumber tulisan kurang lebih 5 tahun untuk menghindari ketidaksesuaian dari keakuratan data.

Untuk menuliskan tahun terbit, anda bisa meletakkannya setelah menulis nama penulis. Tahun terbit umumnya ada yang langsung ditulis dengan huruf biasa dan dipisahkan oleh titik. Meski demikian, beberapa ketentuan penulisan daftar pustaka ada yang meminta penulisan tahun terbit ini dilengkapi dengan tanda buka dan tutup kurung.

3. Judul

Anda juga perlu menuliskan judul buku atau artikel yang digunakan sebagai rujukan dalam daftar pustaka. Penulisan judul memiliki peran penting untuk menunjukkan bukti bahwa tulisan yang digunakan benar-benar terbukti. Dalam penulisan judul, anda perlu menuliskannya dengan tulisan bercetak miring atau italic.

4. Kota Terbit

Penulisan daftar pustaka selanjutnya yang perlu anda lakukan adalah kota terbit. Lazimnya, kota terbit merupakan asal buku diterbitkan yang bisa diambil dari dalam buku. Jika dijabarkan, penulisan kota terbit ini umumnya diikuti dengan tanda titik dua. Hal ini bahkan berlaku pada berbagai ketentuan dalam penulisan daftar pustaka.

Meski demikian, beberapa buku yang digunakan sebagai sumber rujukan ini biasanya ada yang berasal dari luar negeri. Untuk itu, anda bisa menuliskan sumber kota terbit yang disuguhkan dalam buku untuk dituliskan pada halaman daftar pustaka. Jika tidak terdapat nama kota yang dicantumkan, anda bisa menggunakan nama negara dari penerbit buku.

Baca Juga:  Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal Yang Baik dan Benar

5. Nama Penerbit

Hal penting lain yang tidak boleh dilupakan dalam menulis daftar pustaka adalah nama penerbit. Penulisan nama penerbit ini dapat ditambahkan dengan keterangan edisi pada buku berseri, serta volume dan halaman untuk penulisan nama penerbit yang diambil dari artikel jurnal.

Itulah beberapa hal yang perlu anda perhatikan ketika mempraktikkan cara menuliskan daftar pustaka yang baik dan benar. Umumnya, beberapa tahapan di atas adalah langkah-langkah urutan yang wajib diperhatikan ketika menulis daftar pustaka. Meski demikian, beberapa kaidah style tertentu selalu memiliki gaya tersendiri dalam menuliskan komponen ini. 

Apa saja isi daftar pustaka?

  • Nama Penulis
  • Tahun Terbit
  • Judul
  • Kota Terbit
  • Nama Penerbit

Apa yang dimaksud dengan daftar pustaka?

Pengertian daftar pustaka merupakan suatu daftar yang berisi informasi tentang judul buku, artikel hingga bahan tulisan yang memiliki kaitan dengan karya si penulis.

Apa tujuan penulisan daftar pustaka?

Tujuan dituliskan daftar pustaka adalah agar bisa membantu pembaca mendapat informasi kutipan dengan Lengkap

Apakah daftar pustaka itu brainly?

Daftar Pustaka adalah tulisan yang tersusun di akhir sebuah karya ilmiah yang berisi nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit dan tahun terbit sebagai sumber atau rujukan seorang penulis. Daftar Pustakaada pada semua jenis karya tulis ilmiah seperti buku, skripsi, makalah, artikel dan sebagainya.

1 comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *