cara menulis daftar pustaka dari jurnal yang benar

Cara Menulis Daftar Pustaka Dari Jurnal Yang Baik dan Benar

Posted on

Ketika anda menyusun karya tulis ilmiah atau untuk tugas kuliah seperti skripsi, memang cara menulis daftar pustaka dari jurnal menjadi poin sangat penting untuk diperhatikan. Pasalnya pada akhir laporan akan dicantumkan sumber apa saja yang telah anda gunakan. Berikut tips penulisan yang tepat agar tidak salah.

Beberapa Tips Untuk Menulis Daftar Pustaka Pada Akhir Laporan

1. Penulisan Dari Jurnal MLA Style

Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dari jurnal MLA Style. Penulisan daftar pustaka yang berada di akhir laporan ini memang harus anda ketahui. Untuk jurnal MLA Style sendiri memiliki cara penulisan yang dapat dikatakan lebih sederhana dibandingkan dengan jurnal yang lainnya. 

Umumnya, jurnal satu ini akan kerap kali digunakan dalam laporan atau penelitian yang berkaitan dengan bahasa dan sastra, senin, hingga humanities yang terdiri dari berbagai macam bidang. Sebut saja seperti ilmu budaya dasar, ilmu alamiah, ilmu sosial dasar, kewiraan atau kewarganegaraan, pancasila dan juga agama.

Untuk cara penulisan daftar pustaka dengan menggunakan gaya MLA sebagai formatnya adalah, Nama Akhir, Nama Awal. “Judul Artikel.” Nama Jurnal Volume.edisi (Tahun Publikasi):Media. Untuk contohnya sendiri yaitu, Smith, John. “Studies in pop rocks and Coke.” Weird Science 12 (2009): 78-93. Print..

Cara penulisan dari daftar pustaka dengan gaya MLA tersebut cenderung sangat sederhana dan mudah diingat. Oleh karena itu, bagi anda yang menggunakan jurnal satu ini, maka anda pun bisa menggunakan MLA Style dengan format tersebut. Anda sebaiknya mengingat ingat bagaimana cara penulisannya.

2. Menulis Daftar Pustaka Dengan Jurnal APA Style

Dalam menulis jurnal, baik jurnal nasional maupun internasional format mudah yang perlu anda ingat saat penyusunannya adalah diawali dengan menuliskan nama penulisnya terlebih dahulu. Umumnya anda bisa menuliskan nama belakangnya terlebih dahulu dan nada depannya dipisahkan dengan menggunakan tanda koma.

Selanjutnya, tulislah tahun terbit jurnal, judul jurnal, nama penerbit dan juga informasi volume atau edisi jurnal yang anda ambil. Apabila anda menggunakan jurnal online, pastinya anda juga perlu menuliskan link url yang digunakan. Jangan lupa pula untuk mencantumkan tanggal akses jurnal dalam daftar pustaka yang anda buat di akhir laporan.

Kembali lagi, ketika anda menggunakan jurnal APA Style, tentunya penulisan daftar pustakanya akan berbeda dengan jurnal MLA Style. Pasalnya, jurnal APA ini diterbitkan oleh American Psychological Association yang umumnya akan digunakan pada bidang Psikologi. Tidak hanya itu saja, jurnal ini juga kerap kali digunakan dalam ruang lingkup social sciences.

Sebut saja seperti sosiologi, sejarah, politik, pendidikan, geografi, ekonomi dan juga akuntansi. Adapun penulisan format pada APA style sendiri, antara lain adalah Nama Akhir Pengarang, Nama depan. (Tahun Penerbitan). Judul Artikel. Nama Jurnal, Volume(edisi jika ada), halaman. 

Untuk contohnya sendiri yaitu sebagai berikut, Ready, R. (2000). Mothers’ personality and its interaction with child temperament as predictors of parenting behavior. Journal of Personality and Social Psychology, 79, 274-285. Dengan menuliskan daftar pustaka dengan format yang tepat akan membuat orang lain lebih mudah mengenali sumber yang anda gunakan.

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menuliskan daftar pustaka. Cara menulis daftar pustaka dari jurnal memang terlihat cukup ribet, namun apabila anda telah terbiasa menuliskannya maka akan terasa sangat mudah. Dengan adanya daftar pustaka ini akan memudahkan siapa saja yang ingin melihat sumber atau referensi yang anda gunakan untuk menuliskan laporan.

Bagaimana cara menulis daftar pustaka?

  • Nama
  • Tahun Terbit
  • Judul Buku
  • Kota dan Nama Penerbit.

Apa itu daftar pustaka dalam laporan?

Daftar pustaka adalah suatu susunan tulisan di akhir sebuah karya ilmiah yang isinya berupa nama penulis, judul tulisan, penerbit, identitas penerbit, dan tahun terbit. Daftar pustaka ini digunakan sebagai sumber atau rujukan seorang penulis dalam berkarya.

Di mana tata letak penulisan daftar pustaka?

Daftar pustaka umumnya terletak di halaman paling akhir dari sebuah karya ilmiah.

Cara menulis daftar pustaka dari internet menurut apa?

Cara menulis daftar pustaka dari internet format APA biasanya mencakup penulis, tanggal publikasi, judul halaman atau artikel, nama situs web, dan URL. Jika tidak ada penulis, awali kutipan dengan judul artikel. Jika halaman cenderung berubah seiring waktu, tambahkan tanggal pengutipan.