cara mengembalikan chat wa

Cara Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Terhapus

Posted on

WhatsApp merupakan salah satu layanan perpesanan yang banyak diminati. Pasalnya, aplikasi ini memiliki kelebihan dari segi kelengkapan fitur dan jenis aplikasi yang mudah digunakan. Lebih dari itu, aplikasi ini juga menyediakan cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus dengan mudah dan tepat. Berikut informasi lengkapnya.

Tips Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Terhapus

1. Gunakan Fitur Recent Backup  

Cara pertama yang bisa anda manfaatkan untuk mengembalikan chat WhatsApp adalah dengan menggunakan fitur recent backup. Sayangnya, cara ini memiliki syarat nomor WhatsApp yang didaftarkan harus aktif. Hal ini berguna untuk melakukan verifikasi kode OTP yang dikirimkan ke nomor WhatsApp ketika masuk ulang.

Jika dibedah, pemanfaatan fitur recent backup dapat dilakukan dengan menguninstall aplikasi yang sudah terpasang. Kemudian, install kembali WhatsApp yang anda gunakan dengan memasukkan nomor telepon yang sudah digunakan sebelumnya. Tunggulah tahapan selanjutnya hingga muncul permintaan ‘Restore Your Chat History’, lalu pilih restore dan tunggu proses selesai.

2. Manfaatkan Folder Backup

Tak jauh berbeda dengan penggunaan fitur recent backup, pemanfaatan folder backup juga memiliki syarat bahwa nomor yang digunakan masih aktif. Hal ini karena langkah-langkah yang diperlukan ketika hendak memanfaatkan fitur ini mengharuskan anda untuk menguninstall lalu menginstall ulang aplikasi WhatsApp.

Pertama, anda bisa memilih menu setting pada aplikasi WhatsApp lelu pilih chats and call. Pilih menu backup chat dan hingga menjadi msgtrore.db.crypt8 pada /sdcard/WhatsApp/Database. Simpanlah file backup yang sudah anda siapkan dengan nama msgstore.db.cryp8.current.

Setelah itu, mulailah langkah selanjutnya dengan menguninstall aplikasi. Bukalah data backup yang sudah tersimpan dalam sdcard untuk mengubah nama data yang sebelumnya msgstore-YYY-MM-DD.1.db.crypt8 menjadi db.crypt8. Jika data sudah diubah, lakukan reinstall aplikasi WhatsApp dan pilih restore ketika diminta.

3. Gunakan Google Drive Yang Tertaut

Bagi pengguna android, email merupakan akun yang wajib dimiliki untuk bisa mengakses aplikasi yang tertaut dengan google. Pemanfaatan email yang terhubung langsung dengan layanan google drive bahkan menyajikan ruang penyimpanan yang cukup besar untuk membackup data telepon. Salah satunya adalah data WhatsApp.

Menariknya, google drive yang sudah tertaut ini bisa mengembalikan pesan yang sudah terhapus dengan mudah dan praktis. Cara ini umumnya bisa anda lakukan dengan menguninstall dan menginstall kembali aplikasi WhatsApp. Setelah itu, pilihlah menu restore dari google drive dan tunggu proses selesai hingga data pesan yang terhapus muncul kembali.

4. Manfaatkan Aplikasi Dr. Fone

Selain menggunakan beberapa cara yang sudah disajikan oleh aplikasi WhatsApp, mengembalikan pesan yang terhapus juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan aplikasi Dr. Fone. Namun anda perlu pahami bahwa pemanfaatan aplikasi ini membutuhkan alat PC/laptop yang bisa dihubungkan dengan smartphone.

Langkah pertama yang perlu dilakukan yaitu menginstall aplikasi Dr. Fone pada PC/laptop. Hubungkan smartphone yang anda miliki dengan komputer menggunakan kabel data atau Bluetooth. Setelah itu, bukalah aplikasi Dr. Fone yang sudah terinstall dan pilih menu transfer WhatsApp yang terdapat pada aplikasi Dr. Fone.

Setelah itu, tekan opsi WhatsApp untuk selanjutnya pilih menu transfer WhatsApp. Tunggulah hingga smartphone sudah terdeteksi dan lanjutkan dengan tekan menu transfer. Jika anda sudah melakukan beberapa langkah ini, tunggulah beberapa saat hingga proses selesai hingga pesan yang sudah terhapus muncul kembali pada aplikasi WhatsApp di ponsel anda. 

Ketidaksengajaan menghapus pesan memang seringkali menjadi penyesalan tersendiri ketika pesan tersebut masih dibutuhkan. Namun anda tak perlu khawatir karena penggunaan aplikasi WhatsApp memiliki fitur yang menyajikan cara mengembalikan chat WhatsApp yang terhapus. Anda bisa mempraktikkan beberapa langkah di atas untuk mengembalikan pesan tersebut.