cara cek saldo bpjs dari rumah

Cara Mengecek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Online, Mudah & Cepat

Posted on

BPJS Ketenagakerjaan menjadi salah satu bentuk asuransi wajib yang harus diberikan perusahaan dengan badan hukum di Indonesia kepada para karyawannya. Biasanya, pembayarannya akan dipotong secara langsung setiap bulan saat gajian tiba. Lalu, bagaimana cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan? Untuk anda yang belum tahu, simak ulasannya berikut ini.

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

1. Melalui Website Resmi Dari BPJSTK

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengecek saldo yang dimiliki adalah dengan melalui website resmi yang dimiliki oleh BPJS Ketenagakerjaan. Langkah langkah yang perlu anda lakukan adalah dengan mengetikkan alamatnya terlebih dahulu yakni https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/ pada browser yang anda miliki.

Selanjutnya, anda bisa memasukkan alamat email pada kolom user. Jangan lupa pula untuk memasukkan kata sandinya pada website tersebut. Setelah itu, barulah anda bisa memilih menu layanan yang tersedia. Pilih cek saldo JHT dan masukkan PIN yang nantinya akan dikirim melalui email atau SMS. Lalu, saldo JHT yang anda miliki akan ditampilkan pada layar website anda.

2. Gunakan Aplikasi BPJSTK

Cara kedua yang bisa anda lakukan untuk mengecek saldo dari BPJS Ketenagakerjaan adalah dengan mengunduh aplikasi yang ada di Play Store maupun App Store. Disini, anda bisa membuat akun pengguna aplikasi dengan menggunakan email yang anda miliki. Kemudian, anda hanya perlu klik Lihat Saldo dan saldo BPJS Ketenagakerjaan pun akan terlihat.

3. Cek Saldo Dengan Menggunakan SMS

Selanjutnya, ada cara mudah lainnya yang bisa anda gunakan untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Salah satunya adalah dengan melalui SMS. Cara ini terbilang cukup mudah, sebab anda hanya perlu untuk mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan menggunakan SMS.

Adapun format yang bisa anda ketikkan antara lain adalah Daftar ( spasi ) SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL  ( bila ada ) dan kemudian anda pun bisa kirim ke nomor 2757. Setelah anda melakukan kirim SMs dengan menggunakan format tersebut barulah anda bisa melakukan cek saldo.

Untuk cara mengecek saldo ini juga menggunakan format yang berbeda. Sebab, ketika anda telah terdaftar, maka anda sebagai peserta dapat mengirimkan pesan yang berisikan format yaitu SALDO ( spasi ) nomor peserta. Selanjutnya anda pun bisa mengirimkan pesan tersebut ke nomor 2757.

4. Cara Mengecek Apakah BPJS Ketenagakerjaan Aktif atau Tidak

Selain itu, anda pun juga bisa melakukan pengecekan apakah saldo BPJS Ketenagakerjaan yang anda miliki masih aktif atau tidak. Untuk caranya sendiri adalah dengan melakukan pendaftaran terlebih dahulu akun anda di halaman http://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Selanjutnya, anda bisa memilih menu yakni registrasi akun.

Kemudian, nantinya akan muncul halaman untuk melakukan proses registrasi. Adapun di halaman tersebut, anda bisa mengisi formulir berupa data diri anda. Pertama, anda bisa memasukkan nomor KPJ Aktif, nama lengkap, nomor e KTP, tanggal lahir, nama ibu kandung, nomor telepon ana dan juga  alamat email yang masih aktif.

Setelah itu, anda pun akan bisa mendapatkan pin yang nantinya akan dikirimkan melalui email dan juga SMS pada nomor telepon yang telah didaftarkan. Hal ini sebagai salah satu tanda bahwa proses registrasi yang anda lakukan telah berhasil. Dengan begitu, anda pun bisa mengecek apakah BPJS Ketenagakerjaan yang anda miliki masih aktif atau tidak.

Cara mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan ini bisa anda gunakan untuk mengetahui berapa jumlah saldo yang anda miliki. Namun, jika anda ingin mencairkannya biasanya akan terdapat beberapa syarat yang harus anda penuhi terlebih dahulu. Dengan begitu, saldo yang anda miliki baru bisa untuk dicairkan.

Bagaimana cara login BPJSTKU?

  • Kamu bisa buka Aplikasi BPJSTKU di smatphone kamu, lalu klik tombol “LOGIN”
  • Setalah itu masukkan email dan password akun kamu lalu tekan tombol “Login”
  • Kalau email dan password benar kamu akan masuk ke dalam akun BPJSTKU milik kamu

Kenapa tidak bisa login BPJSTKU?

  • Biasanya tidak bisa login terjadi karean berbagai faktor, misal adanya update dari sistem yang mengganggu koneksi kamu masuk ke akun BPJSTKU milik kamu
  • Kamu lupa password, yang mengharuskan kamu untuk ubah password terlebih dahulu agar bisa kembali masuk ke akunmu

No KPJ itu apa ya?

Nomor KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) atau yang kemudian dikenal dengan nomor BPJS Ketenagakerjaan adalah urutan nomor yang wajib kamu simpan, terutama bagi kamu yang merupakan peserta BPJS.

No KPJ BPJS terletak dimana?

Letaknya berada di baris kedua, di bawah nomor induk kependudukan (NIK) yang berisi 12 digit. Di atas adalah foto contoh kartu kepersertaan Jamsostek model lama. 05JA0100xxx adalah contoh no KPJ-nya. Sementara di bawah ini merupakan gambar contoh kartu peserta BPJS Ketenagakerjaan versi baru yang sekarang.

Cara melihat apakah kita sudah terdaftar di BPJS?

Peserta tinggal membuka laman https://daftar.bpjs-kesehatan.go.id/bpjs-checking/ lalu isi kolom yang tersedia seperti nomor kartu dan tanggal lahir.

Bagaimana jika lupa nomor BPJS Ketenagakerjaan?

Kamu bisa cek ke HRD perusahan tempat kamu bekerja.