cara cek nomor kartu keluarga online lewat situs resmi dukcapil

Cara Mengecek No Kartu Keluarga Online Mudah Bisa Pakai WhatsApp

Posted on

Nomor KK (Kartu Keluarga) merupakan salah satu data penting yang banyak dibutuhkan. Sayangnya, jumlah nomor yang cenderung banyak dan rumit sulit untuk dihafal. Mengetahui kondisi tersebut, cara mengecek no kartu keluarga online dapat menjadi solusi alternatif yang bisa dilakukan daripada harus membawa kartu keluarga dimanapun anda berada. Berikut ulasan lengkapnya.

Langkah Mudah Mengecek Nomor KK Online

1. Melalui Situs Resmi Dukcapil

Perkembangan teknologi yang semakin pesat memang menghadirkan kemudahan dalam melakukan berbagai aktivitas. Pasalnya, anda bisa mendapatkan no kartu keluarga dengan praktis hanya dengan mengunjungi situs resmi yang telah disediakan oleh Dukcapil. Meski demikian, anda harus mengetahui NIK (Nomor Induk Kependudukan) sebagai syarat utama yang harus dipenuhi.

Jika NIK sudah diketahui, anda dapat mengunjungi situs resmi Dukcapil.kemendagri.go.id/. Anda bisa memasukkan nomor NIK yang bisa diambil dari KTP untuk dimasukkan pada kolom yang sudah disediakan. Setelah itu, tunggulah pemrosesan data hingga muncul data anda secara lengkap. Termasuk nomor KK.

Menariknya, pemerintah juga memiliki situs resmi lain yang bisa anda gunakan untuk mengecek no kartu keluarga online yaitu layananonline.dukcapil.kemendagri.go.id/. Namun anda perlu mendaftarkan akun terlebih dahulu jika ingin menggunakan layanan ini. Selanjutnya, anda bisa langsung masuk pada akun pribadi dan dapatkan informasi kartu keluarga yang sudah terdaftar. 

Baca Juga:  Cara Menyadap Wa Pasangan Di Hp Kita

2. Melalui Media Sosial 

Mengecek no kartu keluarga online nyatanya memang sangat mudah untuk dilakukan. Penggunaan media sosial yang marak di kalangan masyarakat juga dimanfaatkan oleh layanan Dukcapil untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Lazimnya, anda bisa menggunakan facebook atau twitter untuk melakukan pengecekan nomor ini.

Cara ampuh yang bisa anda praktikkan dalam melakukan pengecekan no kartu keluarga online dapat ditempuh dengan menghubungi Dukcapil. Anda bisa menggunakan inbox atau direct message (DM) ke akun resmi Dukcapil (Ditjen Dukcapil dan @ccdukcapil) agar tidak disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

3. Menggunakan Layanan Email

Begitu pula, anda bisa memanfaatkan layanan email untuk mengecek no kartu keluarga online. Cara ini umumnya bisa dilakukan dengan mudah dan praktis layaknya ketika anda mengirimkan email tertentu kepada pihak lain. Meski demikian, anda perlu menyiapkan nomor NIK yang tertera pada KTP beserta kelengkapan data diri untuk mendapatkan nomor penting ini.

Jika dijabarkan, langkah pertama yang perlu dilakukan dalam menggunakan layanan ini adalah menuliskan judul email pada kolom subjek. Kemudian, sampaikan maksud dan tujuan permintaan no kartu keluarga dengan mencantumkan data diri lengkap beserta NIK, lalu kirim ke callcenter.dukcapil@gmail.com. Tunggulah 1×24 jam hingga pihak Dukcapil memberikan jawaban. 

4. Memanfaatkan WhatsApp

Cara mudah lain yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan nomor KK secara praktis adalah memanfaatkan media WhatsApp. Anda hanya perlu menghubungi nomor resmi dari Dukcapil, lalu ikuti pengisian data diri sebagaimana format yang diminta. Yaitu memasukkan nama lengkap, NIK, nomor telepon dan permasalahan.

Baca Juga:  Cara Mengecek Kecepatan Internet Praktis Bisa Cek di HP Atau Laptop

Tentu saja, penggunaan media WhatsApp dapat menjadi alternatif pilihan yang bisa diandalkan karena sangat mudah jika dibandingkan dengan media yang lainnya. Anda bahkan hanya perlu menghubungi nomor +628118005273 untuk mendapatkan pesan jawaban dari pihak resmi Dukcapil. Menarik bukan?

Tidak mengetahui nomor KK memang menjadi permasalahan tersendiri ketika keperluan anda membutuhkan nomor yang satu ini. Untuk itu, beberapa ulasan di atas bisa menjadi alternatif pilihan yang bisa dipraktikkan. Anda bisa memilih salah satu cara mengecek no kartu keluarga online yang paling mudah dan praktis sesuai dengan kebutuhan.

Apakah kartu keluarga bisa di cek online?

Bisa dong, Anda bisa langsung cek ke situs resmi Dukcapil berikut Dukcapil.kemendagri.go.id/

Cara Cek NIK apakah sudah terdaftar di Dukcapil?

  • Kunjungi situs resmi Dukcapil.kemendagri.go.id/.
  • Anda bisa memasukkan nomor NIK yang bisa diambil dari KTP untuk dimasukkan pada kolom yang sudah disediakan.
  • Setelah itu, tunggulah pemrosesan data hingga muncul data anda secara lengkap. Termasuk nomor KK.

Cara Mengecek KK asli apa palsu?

  1. Melalui Website. Wesbite tersebut adalah www.dukcapil.kemendagri.go.id/. …
  2. 2. Lewat SMS dan WA. Format SMS: Cek#KTP#NIK Kirim ke nomor Disdukcapil Kemendagri, 0815-3636-9999
  3. Via Email. kirim email ke callcenter.dukcapil@gmail.com dengan isi subjek email dan badan email dengan format: #NIK#Nama_Lengkap#Nomor_Kartu_Keluarga_#Nomor_Telp#Keluhan.
  4. Melalui Medsos, seperti Twitter dan Facebook.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *