cara mudah cek kecepatan internet kamu dirumah

Cara Mengecek Kecepatan Internet Praktis Bisa Cek di HP Atau Laptop

Posted on

Di zaman digitalisasi seperti sekarang ini, menuntut setiap lini kehidupan agar terkoneksi dengan internet. Bahkan setelah terjadinya pandemi akibat covid-19, banyak kegiatan yang dialihkan secara online. Sehingga internet menjadi kebutuhan yang sangat penting. Sebelum terhubung, ada baiknya anda mengetahui cara mengecek kecepatan internet seperti pada ulasan berikut ini.

Cara Cek Kecepatan Internet Di Laptop / Smartphone

1. Menggunakan Speed Smart

Platform Speed Smart menjadi salah satu tempat yang bisa anda tuju untuk mengecek bagaimana kecepatan internet yang dimiliki. Keunggulan dari platform satu ini adalah dari keakuratannya, sebab Speed Smart tidak menggunakan Java atau Flash layaknya layanan lain, melainkan telah menggunakan HTML5.

Cara menggunakan Speed Smart sendiri bisa dengan mengakses situsnya secara langsung atau dengan mengunduh aplikasinya yang tersedia gratis. Dimana anda dapat menggunakan berbagai perangkat, baik dengan sistem operasi Android, Windows, maupun iOS. Cukup akses Speed Smart dan klik “Start Speedtest”, maka setelah 40 detik akan muncul hasil pengecekan kecepatan internet anda.

2. Bandwidth Place

Cara melihat kecepatan internet dan memastikan bahwa bandwith penyedia jasa layanan internet telah sesuai dengan tarif yang dibayarkan, bisa dilakukan melalui platform Bandwidth Place. Situs yang disediakan oleh perusahaan penyedia layanan internet asal Texas ini bahkan menyediakan banyak fitur yang dapat anda nikmati.

Baca Juga:  Cara Mengembalikan Chat Whatsapp Yang Terhapus

Dengan berbagai fiturnya seperti speed test, download speed, upload speed, hingga speed, Bandwidth Place yang diluncurkan sejak tahun 2002 ini masih banyak digunakan sampai sekarang oleh berbagai pengguna. Sekadar informasi, PING sendiri merupakan waktu respon dari koneksi internet ketika melakukan atau mengirimkan permintaan.

Sementara download speed adalah kecepatan koneksi internet ketika digunakan untuk mengunduh, dan upload speed adalah kecepatan dari koneksi internet saat digunakan untuk mengirim file. Dari satu layanan Bandwidth Place, anda bisa secara sekaligus menemukan semua informasi ini.

3. Speedtest.net

Tidak jauh berbeda dari Bandwith Place, Speedtest.net yang dikembangkan pertama kali pada tahun 2006 ini juga mempunyai beberapa fitur memadai seperti mampu menyajikan informasi download speed, upload speed, dan juga PING. Apalagi situs asal Amerika Serikat ini memiliki kinerja yang cepat dalam menampilkan semua informasi tersebut.

Selain itu, Speedtest menariknya dapat digunakan dan diakses dari berbagai macam perangkat. Mulai dari perangkat Android, Windows, Apple TV, sampai macOS. Dengan akses gratis, anda dapat memanfaatkannya untuk menguji performa internet yang dimiliki baik pada WiFi maupun internet seluler.

4. Fast.com

Situs Fast.com juga bisa menjadi salah satu cara melihat kecepatan internet dengan praktis. Meski cara penggunaannya maupun hasil dan fitur yang dimiliki tidak jauh berbeda dari beberapa platform sebelumnya, namun situs satu ini diklaim mempunyai interface yang jauh lebih sederhana.

Kesederhanaan tampilannya membuat para pengguna menjadi lebih mudah untuk memahami cara pengoperasian situs. Karena hanya dengan mengunjungi laman resminya, kecepatan internet anda akan langsung dihitung tanpa anda perlu menekan tombol apapun terlebih dahulu. Nantinya kecepatan internet akan muncul di tengah layar yang ditampilkan dengan satuan Mbps.

Baca Juga:  Cara Mengecek No Kartu Keluarga Online Mudah Bisa Pakai WhatsApp

5. Kolom Pencarian Google

Tidak hanya dari berbagai situs, anda juga bisa mengecek kecepatan internet melalui kolom pencarian milik Google. Cukup ketikkan keyword yang berkaitan dengan hal ini seperti speedtest atau cek kecepatan internet, maka akan langsung muncul tampilan uji kecepatan internet di paling atas. Lanjutkan dengan tekan opsi “Jalankan Uji Kecepatan” untuk mengetahui hasilnya.

Cara mengecek kecepatan internet tidaklah sulit, bahkan terbilang sangat mudah dan praktis seperti yang telah disebutkan di atas. Apabila anda menemukan bahwa kecepatan internet yang dimiliki tidak sesuai dengan pilihan paket berlangganan, maka bisa langsung menghubungi customer support dari provider terkait agar tidak merugi.

Bagaimana cara menguji kecepatan internet?

  • Buka website Speedtest.net
  • lalu klik Go
  • Setelah itu kamu akan mendapatkan info kecepatan internet kamu
  • Ada kecepatan download & upload

Ping yang bagus itu berapa?

Nilai Ping internet standar yang layak untuk main game adalah sekitar 30 – 90ms, sedangkan jika di atas 100ms, game bakal terasa ngelag.

Ping ms artinya apa?

Ping merupakan metode untuk mengukur waktu berkirim paket data dari mulai kirim dan terima antara dua perangkat, biasanya memiliki satuan ms (mili second).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *