cara menentukan ide pokok bacaan

Cara Menentukan Ide Pokok Bacaan

Posted on

Ketika ingin memahami sebuah artikel atau sebuah bacaan, ide pokok merupakan hal penting yang perlu untuk kamu perhatikan. Hal ini dikarenakan penulis pastinya memiliki pesan yang ingin disampaikan kepada para pembacanya. Oleh karena itu, kali ini akan diulas bagaimana cara menentukan ide pokok bacaan.

Tips Menentukan Ide Pokok Pada Sebuah Bacaan

1. Membaca Secara Keseluruhan

Dalam menentukan ide pokok pada sebuah bacaan, penting bagi kamu untuk membaca terlebih dahulu. Disini, kamu bisa membaca secara keseluruhan dari satu paragraf atau langsung satu artikel. Hal ini dapat menjadi langkah pertama di dalam menentukan ide pokok dari bacaan tersebut. Selain itu, penting untuk menuangkan 100 persen konsentrasi ketika membaca.

2. Perhatikan Jenis Paragraf

Setelah kamu membaca secara keseluruhan, baik satu paragraf atau satu artikel, ada baiknya kamu memastikan jenis paragraf tersebut. Disini, kamu bisa mencermati bahwa artikel tersebut memiliki jenis paragraf deduktif, campuran maupun induktif.  Apabila paragraf tersebut memiliki sifat deduktif, maka kamu perlu tahu kalau ide pokok dari bacaan tersebut berada di awal kalimat.

Selain itu, untuk tentukan ide pokok bacaan dari paragraf dengan jenis induktif, biasanya ide pokok akan berada di akhir bacaan. Kemudian, ada pula jenis paragraf yang memiliki sifat campuran. Untuk kondisi ini, kalimat utama atau ide pokok dari bacaan tersebut bisa berada di awal dan juga akhir paragraf.

3. Dengan Melihat Kata Kunci dan Menandai Adanya Informasi Penting

Hal berikutnya yang perlu kamu perhatikan di dalam menentukan ide pokok pada sebuah bacaan adalah dengan memperhatikan kata kunci. Hal ini dikarenakan dalam sebuah ide pokok, nantinya pasti akan mengandung kata kunci yang telah dituliskan oleh penulis artikel tersebut.

Untuk itu, kamu pun bisa menemui kata kunci tersebut. Selanjutnya, hal yang perlu kamu lakukan adalah dengan mengubahnya menjadi kalimat yang lebih kompleks. Cara satu ini berguna untuk memastikan bahwa jawaban yang kamu tuliskan telah benar. Tak lupa pula, kamu juga bisa menemui beberapa informasi yang penting.

Pasalnya, setelah kamu menemukan ide pokok yang ada di dalam bacaan atau artikel, maka tandailah kalimat tersebut sehingga nantinya kamu tidak lupa. Selain itu, kamu juga perlu untuk menemukan informasi penting yang menjadi pendukung dari adanya ide pokok pada artikel tersebut.

4. Membaca Kembali Artikel

Hal selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah membaca kembali artikel tersebut. Cara ini dapat dikatakan sebagai langkah terakhir yang perlu kamu lakukan dalam menentukan ide pokok yang ada di dalam sebuah bacaan. Dengan membaca kembali artikel ini dapat berguna untuk memastikan bahwa kamu telah menemukan ide pokok dari bacaan tersebut.

Kemudian, kamu bisa membaca kembali bacaan maupun paragraf yang ada di dalam artikel tersebut. Agar kamu tidak membuang waktu di dalam membaca kalimat atau paragraf di dalam sebuah artikel, maka kamu pun bisa menggunakan teknik scanning dan juga skimming. Dengan kedua teknik tersebut akan membuat kamu bisa membaca dengan cepat dan hanya membaca poin poin atau inti yang penting saja.

Itulah beberapa cara menentukan ide pokok bacaan yang bisa kamu coba. Cara satu ini memang wajib untuk kamu terapkan. Terutama jika terdapat soal soal yang membutuhkan waktu cepat di dalam menjawabnya. Selain itu, dengan mengetahui ide pokok dari sebuah bacaan akan membuat kamu lebih menghemat waktu dalam membaca dan mengetahui inti dari bacaan tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *