cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah

Cara Mendarat yang Benar Dalam Lompat Jauh Adalah Dengan Cara Ini

Posted on

Termasuk ke dalam cabang olahraga atletik, lompat jauh memiliki cukup banyak peminat di kalangan masyarakat. Sama halnya dengan cabang olahraga yang lain, lompat jauh pun tidak terlepas dari teknik teknik tertentu untuk mendapatkan hasil yang sempurna. Seperti cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah tidak mengurangi hasil lompatan. Lebih lengkap, simak ulasan berikut.

Teknik Lompat Jauh yang Perlu Dikuasai

Source: Kumparan.com

1. Teknik Awalan

Untuk mendapatkan lompatan yang baik dan bisa mendarat di titik yang jauh, maka teknik awalan adalah hal yang penting diperhatikan dalam olahraga lompat jauh. Dimana teknik awalan yang baik pada cabang olahraga atletik satu ini adalah dengan berlari sekencang kencangnya, sampai mencapai kecepatan yang maksimal.

Untuk melakukan teknik awalan lompat jauh yang benar, anda perlu memposisikan kaki dengan nyaman baik itu dengan salah satu kaki berada di depan yang satunya ataupun berdiri dengan cara sejajar. Selanjutnya mulai berlari dengan perlahan terlebih dahulu di awal, sebelum kemudian melakukan sprint hingga mencapai kecepatan yang maksimal.

Mendapatkan kecepatan yang maksimal sendiri bisa berbeda beda pada setiap orang. Beberapa atlet ada yang membutuhkan jarak 30 meter sampai 45 meter untuk menciptakan kecepatan seperti ini. Agar teknik awalan tersebut menjadi optimal, anda perlu membiasakan diri untuk sprint dari garis start sampai papan tolakan.

Baca Juga:  Cara Memasuki Garis Finish Lari Jarak Pendek Adalah

Namun perlu diingat bahwa anda perlu menyeimbangkan dan mengendalikan tubuh saat melakukan sprint agar bisa dengan mudah melakukan tolakan nantinya. Setelah mencapai jarak kurang lebih 3 sampai 5 langkah dari papan, maka anda bisa bersiap untuk melakukan tolakan. Barulah nanti dilanjutkan dengan teknik tolakan lompat jauh dan diteruskan sikap mendarat lompat jauh yang benar. 

2. Teknik Tolakan

Jika sudah melakukan teknik awalan, maka anda bisa melanjutkan lompat jauh dengan gerakan tolakan. Gerakan tolakan ini pun tentunya memiliki teknik dasar tersendiri agar mendapat hasil yang baik. Dimana teknik tolakan sendiri bertujuan untuk merubah kecepatan lari secara horizontal menjadi kecepatan vertikal.

Teknik tolakan tersebut akan membuat tubuh dapat terangkat ke atas dan melayang di udara. Biasanya atlet akan menggunakan kaki yang dominan sebagai tumpuan ketika melakukan gerakan satu ini. Mengingat bahwa teknik tolakan sangat berpengaruh terhadap seberapa jauh jarak yang diperoleh ketika mendarat.

Untuk melakukan teknik lompatan yang baik maka anda perlu mengayunkan paha dan juga kaki dengan seimbang ke arah horizontal. Lalu condongkan badan anda sedikit ke arah depan saat akan menjadikan salah satu kaki sebagai tumpuan, dan gunakan kaki yang dominan atau paling kuat sebagai tumpuan tersebut. Ambil gerakan tolakan ke depan atas dengan sudut sekitar 45 derajat.

3. Teknik Melayang Lompat Jauh

Selanjutnya setelah melakukan tolakan, akan dilanjutkan dengan teknik melayang di udara. Meski terlihat seperti hanya gerakan alami, namun gerakan ini juga memiliki teknik tersendiri. Dimana anda perlu menjaga keseimbangan tubuh dan melakukan gerakan kaki seolah olah sedang berjalan di udara.

4. Teknik Pendaratan

Sikap mendarat lompat jauh yang benar menjadi teknik terakhir yang perlu dilakukan untuk membuat rangkaian lompat jauh ini menjadi sempurna. Dalam hal ini, teknik pendaratan yang benar yaitu dengan menundukkan kepala dan diikuti gerakan merentangkan kaki depan dan tangan. Tujuannya adalah agar anggota badan lain, selain kaki, tidak mengenai pasir di bak.

Baca Juga:  Cara Tumbuhan Menyesuaikan Diri Dengan Lingkungan

Jadi cara mendarat yang benar dalam lompat jauh adalah tidak mengurangi kecepatan, dan diakhiri dengan kepala menunduk serta kaki dan tangan yang direntangkan. Namun tentu yang penting dipahami bukan hanya teknik pendaratan saja, melainkan teknik awalan, teknik tolakan, dan teknik melayang di udara seperti yang telah dijelaskan di atas juga perlu diperhatikan.

Teknik dasar lompat jauh apa saja?

  • Teknik Awalan
  • Teknik Tolakan
  • Teknik Melayang
  • Teknik Pendaratan

Apa yang dimaksud dengan lompat jauh?

Lompat jauh merupakan salah satu cabang olahraga atletik lompat yang bertujuan untuk melompat dan mencapai jarak sejauh mungkin.

Mengapa melompat menggunakan kaki terkuat?

Tolakan dilakukan menggunakan kaki terkuat karena tolakan merupakan salah satu faktor pentung yang mempengaruhi hasil dari lompat jauh. Untuk mendapatkan tolakan dengan kaki terkuat, seorang atlet harus memperhitungkan langkah ketika melakukan gerakan awalan.

Panjang bak lompat jauh berapa meter?

Bentuk bak lompat jauh yang diisi dengan pasir adalah persegi panjang dengan panjang 9 meter dan lebar 2,75 meter.

Olahraga lompat jauh dilakukan dimana?

Lompat jauh dilakukan di lapangan outdoor yang terdiri dari lintasan lari sebagai tempat untuk memulai awalan dan bak pasir yang digunakan utnuk tempat pendaratan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *