cara daftar akun prakerja auto diterima

Cara Mendaftar Kartu Prakerja

Posted on

Di masa pandemi ini, pemerintah Indonesia banyak memberikan bantuan, terutama bagi anda yang terdampak. Salah satu bantuan yang bisa anda rasakan adalah Kartu Prakerja. Program satu ini terbuka untuk siapa saja yang berusia diatas 18 tahun. Lalu bagaimana cara mendaftar Kartu Prakerja? Untuk anda yang tertarik mencoba, simak tahapannya disini!.

Tahapan yang Bisa Anda Lakukan Untuk Mendaftar Kartu Prakerja

1.Buat Akun

Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah membuat akun Prakerja terlebih dahulu. Cara membuat akun ini juga terbilang mudah dan cepat. Anda bisa membuat akun dari gadget yang anda miliki, seperti smartphone, laptop ataupun Tab. Kemudian, anda pun bisa masuk ke halaman atau situs Kartu Prakerja yakni di prakerja.go.id.

Selanjutnya, anda bisa memilih opsi yakni Daftar Sekarang yang tersedia di situs utama Kartu Prakerja. Anda pun nantinya akan diminta untuk memasukkan alamat email dan juga password. Perlu diingat dalam membuat password di akun Kartu Prakerja ini usahakan untuk menggunakan gabungan dari huruf dan angka. Kemudian, barulah anda bisa melakukan konfirmasi password yang serupa.

Lalu, cara daftar Kartu Prakerja ini bisa dilanjutkan dengan mencentang kotak yang berisi, “ Saya menyetujui Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan Privasi yang berlaku”. Kemudian, anda pun bisa klik Daftar. Nantinya anda pun akan mendapatkan email yang berisi konfirmasi. Setelah konfirmasi, barulah anda bisa melanjutkan ke log in.

2. Isilah Data Diri

Ketika anda telah berhasil login, maka anda pun nantinya bisa memasukkan NIK atau nomor KTP dan juga tanggal lahir, setelah itu klik Lanjutkan. Saat anda telah selesai melakukan verifikasi KTP, barulah anda bisa lanjut ke tahap berikutnya yakni pengisian data diri secara lengkap.

Pada halaman tersebut akan terdapat beberapa kolom yang bisa anda isi. Mulai dari nama lengkap sesuai dengan KTP, alamat email, alamat tempat tinggal, alamat domisili, pendidikan terakhir, status pekerjaan dan juga foto KTP maupun swafoto sembari memegang KTP.

Tahapan berikutnya dalam cara daftar Kartu Prakerja ini adalah dengan memasukkan nomor telepon anda yang masih aktif. Nantinya anda akan menerima kode OTP yang dikirimkan melalui SMS pada nomor telepon tersebut. Kode OTP ini nantinya akan berguna untuk proses verifikasi dari pendaftaran Kartu Prakerja.

3. Mengikuti Tes Secara Online

Tahapan selanjutnya, anda pun akan diminta untuk mengikuti tes online. Disini anda bisa menyiapkan alat tulis dan kertas untuk menghitung jika diperlukan. Ada dua tes yang nantinya akan anda ikuti, yakni terdiri dari tes kemampuan dasar dan juga tes motivasi yang dilakukan selama 15 menit.

Pada halaman dashboard, anda bisa klik Mulai Sekarang untuk melakukan tes online. Kerjakan soal minat dan bakat dengan benar dan sampai selesai. Setelah mengikuti tes online hingga selesai, nantinya anda pun akan mendapatkan pemberitahuan dari Prakarya yang dapat dikirimkan melalui email maupun SMS apabila anda lolos seleksi.  Barulah jika lolos, anda pun bisa melanjutkan tahapan yang berikutnya.

Cara mendaftar Kartu Prakerja memang terbilang cukup mudah. Hal yang perlu anda persiapkan adalah KTP dan juga kuota internet serta gawai untuk melakukan pendaftaran. Selain itu, tes online yang dilakukan pun terbilang cukup mudah. Ditambah anda juga bisa melakukan penghitungan apabila soal tersebut berkaitan dengan angka. Oleh karena itu, tak ada salahnya untuk mencoba ikut mendaftar ketika terdapat seleksi Kartu Prakerja.