cara cuci tangan yang baik dan benar tepung puput selaci

Cara Mencuci Tangan yang Benar, Pakai Metode “TEPUNG SELACI PUPUT”

Posted on

Tangan menjadi salah satu anggota tubuh yang kerap kali menjadi media penyebaran virus. Itulah mengapa sejak kecil masyarakat selalu dianjurkan untuk mencuci tangan sesering mungkin. Terlebih di masa pandemi akibat virus covid-19 seperti sekarang, tentu diperlukan cara mencuci tangan yang benar untuk meminimalisir penyebaran virus dan kuman penyebab penyakit.

Tips Mencuci Tangan yang Benar

1. Gunakan Sabun

Mencuci tangan mungkin terlihat sangat sederhana dan begitu sepele, namun nyatanya masih banyak masyarakat yang salah dalam melakukan aktivitas tersebut. Salah satu kesalahan umum yang sering terjadi yaitu mencuci tangan tanpa menggunakan sabun. Padahal mencuci tangan dengan air saja tidak cukup, sebab kuman dan virus tidak mati karena air.

Sehingga kuman maupun virus yang menempel di tangan akan tetap berada di sana meski anda telah mencuci tangan. Maka dari itu, anda perlu mencuci tangan menggunakan sabun dan air bersih. Dalam hal ini, akan lebih baik menggunakan sabun cair karena sabun batang yang digunakan bersama bisa lebih mudah terkontaminasi bakteri.

2. Terapkan Standar Urutan Cuci Tangan

Cara cuci tangan yang tepat menurut WHO memiliki standar urutan tersendiri. Dengan menerapkan standar ini, maka lebih besar kemungkinan kuman dan virus tidak lagi menempel di tangan. Urutannya yaitu pertama basahi kedua tangan dengan air bersih yang mengalir. Kemudian tuangkan sabun secukupnya ke telapak tangan.

source: facebook.com/sosantibacterial

Gunakan metode TEPUNG SELACI PUPUT. Gosok telapak tangan dan juga punggung tangan dengan sabun dan bersihkan pula sela sela jarinya. Berikutnya, lanjutkan dengan membersihkan kedua telapak tangan, lalu putar bagian jempol hingga bawah kuku kuku. Pasalnya sela jari dan bawah kuku merupakan salah satu area yang sering luput dari perhatian. Padahal bagian tersebut bisa menjadi sarang bakteri yang menumpuk.

3. Jangan Langsung Dibilas

Jangan terburu buru ketika tengah mencuci tangan. Namun standar urutan yang telah disebutkan pada poin di atas harus dilakukan setidaknya kurang lebih 20 sampai 30 detik. Hindari langsung membilas tangah yang telah dituang sabun. Sempatkan diri anda untuk menggosok semua bagian tangan hingga bersih sepenuhnya.

4. Jangan Gunakan Mesin Pengering

Anda mungkin kerap melihat mesin pengering yang biasanya ditempatkan tidak jauh dari wastafel. Meski sebenarnya tujuannya baik yaitu agar tangan lebih cepat kering, namun sejatinya mengeringkan dengan tisu jauh lebih dianjurkan. Sebab beberapa riset pun menunjukkan bahwa mengeringkan dengan tisu membuat tangan lebih bersih dibandingkan menggunakan mesin pengering.

Akan tetapi, tentu perlu diteliti lebih lanjut mengenai hal tersebut. Selain itu, anda boleh boleh saja menggunakan mesin pengering apabila tidak menemukan tisu atau handuk. Posisikan tangan di bawah mesin kurang lebih selama 30 sampai 40 detik sampai tangan benar benar kering.

5. Jangan Menyentuh Barang Lagi

Setelah mencuci tangan, sebaiknya anda jangan menyentuh barang kembali. Hal satu ini seringkali terabaikan, dimana banyak orang menggunakan tangan yang sudah bersih untuk mematikan keran. Padahal, tangan yang sudah bersih ini bisa kembali terkontaminasi oleh kuman yang ada di keran air.

Maka dari itu, cara cuci tangan yang tepat, khususnya ketika hendak makan adalah menggunakan alat pelindung seperti tisu untuk mematikan keran air. Apabila menemukan wastafel dengan keras otomatis maka akan lebih baik, mengingat bahwa saat ini sudah banyak tersedia wastafel seperti itu untuk mencegah penularan virus ketika mencuci tangan.

Itulah cara mencuci tangan yang benar dan berbagai hal yang sebaiknya dihindari untuk menjaga tangan tetap bersih. Dengan menjaga kebersihan tangan, maka anda pun membantu meminimalisir penyebaran virus dan kuman. Meski terlihat sepele, masyarakat perlu memahaminya dengan baik, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini.

Singkatan TEPUNG SELACI PUPUT itu apa?

  • TElapak Tangan
  • PUNGgung Tangan
  • SELA-sela Jari
  • kunCI Kedua Telapak Tangan
  • PUtar bagian Jempol
  • PUTar bagian Ujung Kuku

Urutan 5 langkah cuci tangan yang benar?

  • Basahi tangan dengan air mengalir
  • Gunakan sabun secukupnya
  • Gosok-Gosok tangan dengan teknik TEPUNG SELACI PUPUT
  • Bilas Sabun di tangan dengan air mengalir
  • Lap dengan tisu kering

Berapa detik cuci tangan yang benar?

Cuci tangan dilakukan dengan menggosokkan tangan menggunakan cairan antiseptik (handrub) sekitar 20-30 detik atau dengan air mengalir dan sabun antiseptik (handwash) sekitar 40-60 detik.