cara memindahkan aplikasi handphone ke SD card

Cara Memindahkan Aplikasi Ke Kartu SD Card

Posted on

Terkadang kamu membutuhkan cara agar membuat memori internal yang ada di dalam ponsel lebih lega. Salah satu cara yang biasanya dilakukan adalah dengan menggunakan kartu SD. Hal ini dikarenakan dengan memindahkan file ke SD card akan membuat ponsel menjadi memiliki ruang yang lebih banyak. Lalu bagaimana cara memindahkan aplikasi ke Kartu SD? Yuk cari tahu selengkapnya.

Cara Pindahkan Aplikasi Ke SD Card

1. Melalui Pengaturan

Hal pertama yang bisa anda lakukan untuk memindahkan aplikasi ke SD Card adalah dengan menggunakan pengaturan. Perlu diingat bahwa cara ini tidak berlaku untuk beberapa ponsel yang memiliki Os Android 9 Pie dan juga tidak bisa dilakukan pada ponsel yang memiliki sistem operasi seperti Android 10 dan Android 11.

Langkah langkah yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuka menu Settings yang terdapat di dalam smartphone. Kemudian, kamu bisa memiliki menu Aplikasi atau Apps yang ditemukan di pengaturan tersebut. Pilihlah aplikasi maupun game yang ingin kamu pindahkan ke SD Card.

Selanjutnya, kamu bisa memilih menu yakni Ganti Penyimpanan. Lalu, kamu pun bisa memilih SD Card sehingga nantinya aplikasi tersebut akan bisa berpindah ke memori eksternal yang kamu miliki. Tunggulah selama beberapa saat hingga proses selesai, dan memori internal yang kamu punya pun akan sedikit lebih lega.

2. Gunakan USB Debugging

Kemudian, anda pun juga bisa untuk memindahkan aplikasi ke kartu memori dengan menggunakan USB Debugging. Umumnya, fitur ini hanya bisa anda aktifkan ketika anda mengaktifkan opsi pengembang atau Developer Options. Selain itu, anda juga membutuhkan laptop untuk menggunakan cara ini sebagai perangkat untuk memindahkan aplikasi.

Adapun langkah langkah yang bisa anda lakukan adalah dengan mengaktifkan Developer Options terlebih dahulu. Caranya adalah dengan tap 7 kali yakni pada Build Number. Kemudian anda pun bisa mengaktifkan USB Debugging. Setelah itu, barulah anda bisa menghubungkan smartphone dengan laptop dan juga kabel USB bawaan. Lalu, anda pun bisa memindahkannya dengan gampang.

3. Memakai Aplikasi Tambahan 

Apabila kedua cara tersebut belum berhasil, maka tak ada salahnya bagi kamu untuk menggunakan aplikasi tambahan. Sehingga nantinya hal tersebut akan lebih membantu kamu di dalam memindahkan aplikasi maupun game ke memori eksternal atau SD Card yang kamu miliki.

Untuk memindahkannya, kamu perlu untuk mengunduh terlebih dahulu Lin2SD yang ada di Google Play Store. Kamu pun bisa mengunduhnya secara gratis. Selanjutnya, melalui aplikasi tersebut, kamu bisa memindahkan game atau aplikasi yang kamu ingin untuk pindahkan ke memori card.

Langkahnya adalah setelah kamu memilih, maka kamu pun bisa menekan tombol yakni Move to SD Card. Kemudian, kamu bisa memilih Ok untuk memulai proses pentransferan data. barulah kemudian, kamu bisa menunggu selama beberapa saat hingga proses tersebut berlangsung dan selesai.

Dengan menggunakan cara satu ini memang cenderung lebih mudah dan tidak membingungkan. Sebab, dengan bantuan aplikasi yang bisa kamu unduh secara gratis, kamu pun telah bisa untuk memindahkan aplikasi atau game yang dirasa berat pada memori internal. Sehingga ponsel yang kamu miliki lebih mempunyai ruang yang banyak untuk penyimpanan.

Itulah beberapa cara memindahkan aplikasi ke Kartu SD dengan mudah. Apabila kamu merasa bahwa kartu yang kamu miliki masih kosong namun memori internal telah hampir penuh, maka kamu pun bisa memindahkan beberapa aplikasi yang memiliki banyak memori untuk bisa dipindahkan ke kartu SD.