cara bikin surat alamaran kerja yang bikin cepet diterima kerja

Cara Membuat Surat Lamaran Kerja Yang Bikin HRD Pilih Kamu!

Posted on

Saat tengah mencari pekerjaan, surat lamaran kerja menjadi salah satu poin penting yang akan menentukan apakah anda bisa lanjut ke tahap selanjutnya dalam proses rekrutmen pada suatu perusahaan atau tidak. Oleh karena itu, setiap pelamar wajib mengetahui bagaimana cara membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar.

Cara Menulis Surat Lamaran Kerja yang Tepat

1. Penuhi Struktur Pembuka Surat Lamaran yang Tepat

Hampir semua surat lamaran kerja memiliki format yang sama dan tidak jauh berbeda antara satu sama lain. Yang mana pertama tama dibuka dengan tanggal serta tempat penulisan surat, yang diposisikan di bagian kiri atas atau kanan atas dari surat lamaran. Di sini sebaiknya jangan menyingkat nama tempat maupun tanggalnya.

Berikutnya elemen yang tidak kalah penting yaitu tujuan surat, juga nama dan alamat lengkap dari perusahaan tempat anda hendak melamar pekerjaan. Dalam hal ini, cukup tuliskan “Yth” dan dilanjutkan dengan jabatan si penerima surat. Misalnya “Yth/yang terhormat HRD di tempat”.

Akan lebih baik jika anda mengetahui dengan pasti siapa yang menerima surat lamaran, agar surat lamaran ini terasa lebih personal. Selain itu, tepat di bawah tujuan surat juga bisa dituliskan nama beserta alamat lengkap dari perusahaan.

2. Isi Surat Lamaran

Cara mengisi surat lamaran kerja berikutnya yaitu dimulai dengan salam dan kata pengantar terlebih dahulu. Bahkan paragraf pertama dari surat lamaran ini sangat penting untuk diperhatikan, yang mana harus langsung ke pokok bahasan agar HRD lebih mudah menangkap maksud dan tujuan surat lamaran anda.

Mulai dengan salam “Dengan hormat” yang sifatnya universal, kemudian langsung dijelaskan sumber informasi lowongan pekerjaan yang hendak anda lamar. Lalu dilanjutkan dengan data diri, seperti nama lengkap, tempat dan tanggal lahir (TTL), jenis kelamin, pendidikan terakhir, nomor HP, dan alamat email.

Apabila telah mencantumkan data diri, anda juga bisa menuliskan secara singkat pengalaman kerja atau keterampilan yang dimiliki untuk menambah nilai di mata perekrut. Akan lebih baik jika anda langsung merinci skill yang relevan dengan pekerjaan yang dilamar. Ini dilakukan agar skill yang anda tuliskan memang dapat meningkatkan nilai anda.

3. Penutup Surat Lamaran

Ada pembuka tentunya ada penutup, begitu pun dengan surat lamaran. Cara mengisi surat lamaran kerja ini tidak boleh ketinggalan penutup. Paragraf terakhir tersebut sama halnya dengan paragraf pertama, harus dioptimalkan untuk membuat HRD tertarik menghubungi. Di sini, anda perlu menunjukkan bahwa anda memang ingin bekerja dan berharap untuk segera dihubungi perusahaan.

Namun pastikan anda tetap terlihat tidak terlalu berharap, atau dengan kata lain paragraf penutup ini harus lugas, tegas, namun tidak terlihat putus asa. Seperti “Besar harapan saya diterima di perusahaan yang bapak/ibu pimpin.” Kemudian jangan lupa untuk menutupnya dengan ucapan terimakasih, dan mencantumkan tanda tangan serta nama lengkap di bagian bawah.

4. Hindari Menulis Ulang Bagian CV

Seperti yang telah disebutkan, pada surat lamaran ini anda perlu menuliskan data diri lengkap dan ditambah dengan pengalaman kerja atau keahlian yang dimiliki. Namun penting untuk diperhatikan, sebaiknya anda tidak menulis sama persis atau menulis ulang yang telah tercantum di CV. Usahakan untuk membungkus surat lamaran dengan lebih menarik dan ringkas ketimbang CV.

Apakah anda sudah pernah membuat surat lamaran pekerjaan atau baru hendak mencoba membuatnya ? Beberapa cara membuat surat lamaran kerja di atas dapat diterapkan untuk menghasilkan surat lamaran yang menarik. Pastikan untuk tidak copy paste agar surat lamaran anda lebih otentik dan membuat tim perekrut tertarik untuk menghubungi.

Bagaimana cara membuat surat lamaran kerja?

1. Penuhi Struktur Pembuka Surat Lamaran yang Tepat

2. Isi Surat Lamaran

3. Penutup Surat Lamaran

4. Hindari Menulis Ulang Bagian CV

Surat lamaran kerja apakah harus tulis tangan?

Surat lamaran kerja biasa diketik di Microsoft Word untuk hasil yang lebih rapi. Namun, kamu juga bisa, kok, membuat surat lamaran kerja dengan tulis tangan.

Apa itu Surat lamaran kerja?

Surat lamaran kerja adalah surat formal atau resmi yang dibuat oleh orang yang sedang mencari atau membutuhkan pekerjaanSurat ini ditujukan kepada pimpinan perusahaan atau bagian personalia.

Mengapa surat lamaran pekerjaan harus ditulis dengan baik dan benar?

Surat lamaran yang dibuat dengan baik dan benar akan dapat meyakinkan pihak perusahaan bahwa pelamar adalah orang yang profesional. Pengajuan surat lamaran seperti ini menandakan bahwa Anda mengikuti instruksi dan prosedur penyedia lowongan pekerjaan.

Apakah CV dan daftar riwayat hidup itu sama?

Perbedaan paling utama antara curriculum vitae (CV) dan resume adalah panjang atau banyak nya kata, apa yang ada didalamnya, dan digunakan untuk apa curriculum vitae (CV) dan resume tersebut.

Daftar riwayat hidup itu seperti apa?


Isi
 daftar riwayat hidup secara terurut, mulai nama, tanggal lahir, tempat tinggal, dan alamat lalu riwayat pendidikan yang berurutan, mulai SD, SMP, SMA, dan Perguruan Tinggi.