cara membuat bubur kacang hijau

Cara Membuat Bubur Kacang Hijau Yang Enak dan Lembut, Mudah Membuatnya!

Posted on

Memiliki rasa yang manis dan lezat dengan kandungan mineral, vitamin, protein, dan serat sehat, membuat bubur kacang hijau menjadi sajian keluarga yang cocok untuk makanan penutup. Terlebih cara membuat bubur kacang hijau ini sebenarnya sangatlah mudah. Berikut simak cara lengkapnya agar hasilnya empuk dan lembut.

Membuat Bubur Kacang Hijau yang Lembut dan Lezat

1. Bahan Bahan Bubur Kacang Hijau

Umumnya, terdapat beberapa bahan yang digunakan untuk membuat menu bubur kacang hijau. Bahan bahan yang perlu anda siapkan yaitu kacang hijau sebanyak 250 gram, gula merah 4 blok, 1 ruas jahe yang sudah digeprek, 2 lembar daun pandan diikat simpul, air 1 liter, dan garam serta gula pasir sesuai dengan selera.

Jangan lupa untuk menambahkan 3 sendok makan tepung tapioka yang telah dilarutkan dengan sedikit air. Kemudian untuk bubur kacang hijau yang menggunakan santan, maka siapkan pula 400 ml santan kelapa. Sementara bagi anda yang kurang menyukai rasa santan, maka bisa diganti dengan bahan lainnya seperti susu kental manis ketika membuat kuahnya. 

2. Cara Memasak Bubur Kacang Hijau

Setelah resep bubur kacang hijau telah disiapkan semua bahannya, mulailah dengan merebus kacang hijau bersama dengan daun pandan kurang lebih selama 5 menit. Matikan apinya dan tutup panci berisi kacang hijau lalu diamkan. Setelah lewat sekitar 30 menit, nyalakan kembali kompor dan rebus lagi kacang hijau sekitar 7 menit.

Berikutnya, masukkan beberapa bahan seperti gula merah, gula pasir, jahe, dan garam. Aduk hingga rata semua bahan, kemudian masukkan larutan tepung tapioka sedikit demi sedikit sembari diaduk perlahan dan didihkan. Sementara untuk kuahnya hanya perlu merebus santan dengan tambahan air secukupnya. Masak hingga mendidih dan sajikan bubur dengan kuah santan.

3. Merendam Kacang Hijau

Tidak hanya menyiapkan bahan bahan dan mengikuti cara memasaknya saja, namun anda juga perlu menerapkan beberapa tips agar bubur kacang hijau yang dihasilkan tidak keras dan terasa lembut. Dalam hal ini, kacang hijau sebelumnya perlu direndam terlebih dahulu selama semalaman atau kurang lebih 8 jam.

Mengapa demikian ? Sebab kacang hijau yang dijual di pasar sudah dalam keadaan kering, sehingga butuh waktu lama untuk merebusnya. Oleh karena itu, anda perlu merendam kacang hijau di dalam air malam hari sebelumnya. Sehingga paginya, kacang hijau akan lebih lembut dan membuat bubur kacang hijau tidak keras ketika disantap.

4. Perhatikan Takaran Gula

Pada resep bubur kacang hijau, banyak yang menuliskan bahwa anda perlu memasukkan gula secukupnya sesuai dengan selera. Pasalnya ada sebagian orang yang lebih menyukai rasa manis kuat, dan sebagian lainnya lebih menikmati bubur kacang hijau yang cenderung memiliki rasa plain.

Berapapun takaran gula yang anda gunakan tidaklah masalah, namun yang penting yaitu perhatikan waktu menambahkan gulanya. Karena kacang hijau tidak akan merekah apabila telah ditambahkan gula pada awal proses memasak. Apapun jenis gulanya, baik itu gula merah maupun gula pasir akan menghambat kacang hijau untuk pecah meski telah direbus dalam waktu lama.

Padahal kacang hijau yang tidak pecah sudah pasti akan membuatnya keras. Sebagian orang tidak menyadari bahwa penambahan gula pada proses awal masak yang menjadi faktornya. Maka dari itu, anda perlu merebus kacang hijau di air biasa terlebih dahulu sampai semuanya pecah, baru kemudian bahan bahan seperti gula baru boleh ditambahkan.

Cara membuat bubur kacang hijau sebenarnya memang sangat mudah, terlebih bahan bahan yang dibutuhkan pun tidak banyak sekaligus tidak sulit untuk ditemukan. Namun beberapa orang kurang memahami bagaimana menghasilkan bubur kacang hijau yang lembut dan empuk. Cara di atas bisa anda praktikkan untuk mendapat sajian bubur kacang hijau nan lezat. 

Berapa lama merebus kacang hijau sampai empuk?

Rebus dulu air hingga mendidih, kemudian baru masukkan kacang hijau tadi. Rebus dulu selama 3-5 menit, kemudian matikan kompor. Biarkan kacang hijau terendam dalam air panas tersebut selama 30-60 menit

Bolehkah menyimpan bubur kacang hijau di kulkas?

Boleh dong, karena sensasi bubur kacang hijaudinging juga nikmat untuk di santap.

Kacang hijau terbuat dari kacang apa?


Kacang hijau
 (Vigna radiata) adalah sejenis palawija yang dikenal luas di daerah tropika. Tumbuhan yang termasuk suku polong-polongan (Fabaceae) ini memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari sebagai sumber bahan pangan berprotein nabati tinggi.

Haruskah kacang hijau direndam?


Kacang hijau
 perlu direndam selama semalaman atau 12 jam agar mudah diproses saat memasak bubur kacang hijau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *