alat musik yang dimankan dengan cara ditiup disebut apa

Alat Musik Yang Dimainkan Dengan Cara Ditiup Disebut Apa?

Posted on

Keberadaan instrumen yang dirancang menggunakan alat untuk menghasilkan suara merdu memang sudah diminati sejak dulu. Namun dari sekian banyak jenis alat musik, beberapa orang sering ada yang bertanya alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup disebut apa. Hal ini karena alat musik jenis ini hanya digunakan pada acara tertentu. Berikut selengkapnya.

Fakta Alat Musik Yang Ditiup

1. Termasuk Alat Musik Jenis Melodis

Tidak bisa dipungkiri jika alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup memiliki bunyi yang khas. Pasalnya, alat ini dapat menghasilkan nada-nada yang merdu hingga menghasilkan harmonisasi yang indah. Penggunaan alat musik jenis ini bahkan memiliki ciri yang sangat kentara sehingga mudah dikenali. Alat musik yang ditiup juga dikenal sebagai aerophone.

Kategori alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup sebagai alat musik melodis berawal dari perpaduan nada dan irama ketika alat ini dimainkan. Meski demikian, kategori jenis alat musik melodis ternyata tidak hanya terdiri dari alat musik yang ditiup. Namun, beberapa alat yang digesek maupun dipetik juga bisa menghasilkan nyanyian bunyi indah yang satu ini.

Penggunaan alat musik yang ditiup sebagai musik melodis memiliki peran untuk menyusun nada sebuah lagu. Pasalnya, tangga nada yang terdiri dari 2 oktaf ini berfungsi sebagai melodi utama sehingga memiliki fungsi yang sangat penting. Tentu saja, anda bisa menyusun nada rendah hingga tinggi ketika memainkan alat ini.

Sumber: Redaksiweb.com

2. Terdiri Dari Alat Musik Modern Dan Tradisional

Seiring perkembangan zaman, keberadaan alat musik semakin mudah dikenali oleh sebagian besar orang. Sayangnya, beberapa jenis alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup ini ada yang tidak dikenali karena jarang digunakan. Padahal alat ini memiliki banyak jenis, baik alat musik modern maupun tradisional.

Beberapa jenis alat musik modern yang ditiup terdiri dari clarinet, trombone, harmonica, saksofon dan terompet. Pasalnya, alat musik modern ini dihadirkan dari luar Indonesia dan masih dimainkan hingga saat ini. Beberapa alat ini bahkan ada yang dipadukan dengan alat lain untuk memainkan musik modern seperti pop.

Begitu pula, beberapa jenis alat musik tradisional yang dimainkan dengan cara ditiup terdiri dari seruling, pareret, serunai, serangko dan saluang. Umumnya, alat ini sering digunakan untuk memainkan musik tradisional pada acara atau ritual tertentu. Misalnya saja, penggunaan serunai umumnya digunakan pada upacara perkawinan maupun upacara batagak pengulu.

Meskipun hanya digolongkan menjadi alat musik modern dan tradisional, alat yang satu ini nyatanya memiliki berbagai bentuk untuk menghasilkan nada-nada tertentu. Bahkan, bahan dasar yang digunakan untuk membuat alat ini juga memiliki banyak jenis. Tak ayal jika alat ini dapat menghasilkan suara yang khas dan enak didengar.

3. Hanya Dimainkan Pada Acara Tertentu

Jika dibandingkan dengan berbagai jenis alat lainnya, alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup memang jarang dikenali. Pasalnya, penggunaan alat pada acara tertentu inilah yang membuat hampir setiap orang tidak bisa menyebutkan banyak jenis alat ini. Bahkan, alat ini biasanya hanya digunakan pada nada khusus di sebuah lagu atau yang terletak pada bagian awal, tengah pun akhir.

Itulah beberapa ulasan yang perlu anda ketahui terkait alat musik yang ditiup. Tentu saja, dengan memahami fakta terkait jenis alat musik yang satu ini, anda pasti sudah memahami alat musik yang dimainkan dengan cara ditiup disebut apa. Selain itu, anda juga dapat mengenali jenis-jenis alat ini dan penggunaannya dengan tepat.

alat musik ritmis dimainkan dengan cara

Sebagian besar alat musik ritmis dimainkan dengan cara dipukul, baik yang dipukul langsung dengan tangan ke permukaan alat musik atau dengan bantuan stick. Sebagian kecil juga dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan sehingga beberapa bagian saling berbenturan dan menghasilkan suara, contohnya Marakas

Biola termasuk alat musik harmonis atau melodis

Biola termasuk dalam alat musik melodis yang dimainkan dengan cara digesek. Biola memiliki empat senar dan digesek dengan alat yang bernama bow. Gesekan antara bow dengan senar biola akan menghasilkan berbagai nada yang berbeda.

Contoh alat musik harmonis

  • Gitar, ukulele dan guitalele
  • Selanjutnya gambus, adalah alat musik yang mirip dengan gitar, cara memainkannya dengan cara dipetik dan punya beberapa senar.
  • Piano, adalah alat musik harmonis modern yang juga popular yang dimainkan dengan cara ditekan.

Contoh alat musik ritmis

  • Kendang.
  • Tifa.
  • Gandrang.
  • Marakas.
  • Gong.
  • Triangle.
  • Tamborin.
  • Drum.

Alat musik ritmis adalah alat musik yang

Alat musik ritmis merupakan alat musik yang tidak bernada. Meskipun demikian, alat musik ritmis memiliki fungsi untuk memainkan irama lagu.

Tamborin dimainkan dengan cara apa?

Tamborin adalah alat musik perkusi yang dimainkan dengan perkara ditabuh dan digoyangkan.

Alat musik melodis contohnya

  1. Recorder.
  2. Pianika.
  3. Harmonika.
  4. Saksofon.
  5. Gitar.
  6. Biola.

Alat musik tradisional

  • Angklung.
  • Tehyan.
  • Gambus.
  • Bende.
  • Saluang.
  • Cengceng.
  • Sasando.